Pemberdayaan perempuan untuk mengurangi tingginya penderita penyakit Hamil Anggur di Dusun Kendal Pecabean Desa Kendal Pecabean Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Siti Nur (2021) Pemberdayaan perempuan untuk mengurangi tingginya penderita penyakit Hamil Anggur di Dusun Kendal Pecabean Desa Kendal Pecabean Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Siti Nur Qomariyah_ B92216090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tetang suatu pemberdayaan perempuan dalam mengurangi tingginya penyakit hamil anggur. Proses ini bertujuan untuk mengurangi tingginya penyakit hamil anggur, dan banyaknya tingkat angka kehamilan dan rendahnya kesadaran perempuan akan pentingnya kesehatan reproduksi untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakn metode PAR (Participatory Action Research) dimana proses penelitian ini mengajak masyarakat sebagai partisipasi aktif dan menjadikan masyarkat yang subjek dan objek dalam penelitian. Dalam proses penelitian skripsi ini dilakukan dengan msyarakat untuk menemukan berbagai masalah dan dapat menyelesaikan permasalah tersebut dengan proses yang dilakuakan bersama masyarakat. Sehingga akan meciptakan perubahan yang lebih baik. proses pemberdayaan ini dilakukan dengan assessment awal, inkulturasi, penggalian data, hasil riset, merencanakan aksi perubahan, aksi perubahan, pelaksanaan program, mempersiapkan keberlanjutan program, dan monitoring dan evaluasi.Hasil dari penelitian proses pendampingan ini adalah terwujudnya perubahan perilaku dan bertambah wawasan kepada perempuan dengan adanya kegiatan sekolah lapangan tentang pemahaman dan cara menjaga reproduksi, pembentukan kelompok kesehatan reproduksi untuk mengontrol ibu hamil agar menghasilkan balita yang berkualitas dan para perempuan untuk lebih menjaga kesehatan reproduksi, dan advokasi bersama perangkat desa untuk adanya bidan desa yang menetap didesa, memperlengkapi obat-obtan dan perlengkapan kesehatan di Pukesmas Kendal Pecabean.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Siti Nursnurqomariyah571@gmail.comB92216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgus, Afandiagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan, Perempuan, Hamil; Hamil Anggur.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Nur Qomariyah
Date Deposited: 07 May 2021 01:03
Last Modified: 07 May 2021 01:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47777

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item