Implementasi karakteristik Syariah Marketing di KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Dian (2021) Implementasi karakteristik Syariah Marketing di KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Novita_G74215056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, alasan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif ialah untuk memperoleh gambaran secara mendalam terhadap variable penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara teori karakteristik syariah marketing dari Syakir Sula Kertajaya dengan hasil temuan peneliti saat melakukan penelitian, yang kemudian disimpulkan sesuai pendapat sendiri. Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah implementasi karakteristik syariah marketing yang terdiri dari teistis, etis, realistis, dan humanistis pada KSPPS BMT UAS ialah pada aspek teistis menerapkan shalat diawal waktu, shalat berjamaah dan berdoa sebelum melakukan aktivitas, dan produk dari KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro juga dintinjau dari ketenteuan syariah, baik itu bentuk simpanan maupun pembiayaannya. Pada aspek etis menerapkan karyawan berpakaian sopan, karyawan bertutur kata baik. Pada aspek realistis penerapannya berupa memberikan contoh persoalan kehidupan sesuai perkembangan zaman, dan pelayanan yang digunakan juga mengikuti perkembangan zaman. Pada aspek humanistis menerapkan kesejahteraan dari kalangan pelajar dan mahasiswa agar terbantu dalam hal pendidikan serta tidak melakukan paksaan terhadap calon nasabah untuk bergabung menjadi anggota KSPPS BMT UAS. Dampak karakteristik syariah marketing terdapat peningkatan setiap bulan jumlah anggota KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro, perolehan tertinggi pada tahun 2019 dialami ketika bulan Januari menuju ke bulan Februari, yaitu sebanyak 176 anggota nasabah baru pada bulan tersebut. Data pendapatan tertinggi pada tahun 2018 dalam menggait nasabah terjadi pada bulan November ke Bulan Desember. Anggota yang berminat menjadi nasabah KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Bojonegoro sebesar 123 orang atau anggota. Saran yang dapat peneliti berikan terhadap KSPPS BMT UAS ialah agar tetap mempertahankan penerapan yang telah dijalankan berupa karakteristik syariah marketing. Pengetahuan akan hal karakteristik syariah marketing lebih dipertajam dan dimengerti oleh para tim marketing KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Diandian23521@gmail.comG74215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Koperasi
Keywords: Karakteristik Syariah Marketing; Baitul Maal wa Tamwil.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dian Novita
Date Deposited: 10 May 2021 05:57
Last Modified: 10 May 2021 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47783

Actions (login required)

View Item View Item