Perancangan rumah susun sewa di Surabaya dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Harosta Ayatullah Suud Tunggal (2021) Perancangan rumah susun sewa di Surabaya dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harosta Ayatullah Suud Tunggal Putra_H73216063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Urbanisasi menjadi salah satu fenomena yang melatar belakangi meningkatnya kepadatan rumah serta menurunnya kualitas hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah kebawah di kota-kota besar dari waktu ke waktu. Seiring menurunnya kualitas hunian, hal ini berdampak pula pada aspek sosial, ekonomi dan lingkungan huniannya. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan hunian bagi setiap keluaga (shelter for all) dan pengembangan perumahan berkelanjutan (sustainable housing development) dicanangkan menjadi agenda global bagi setiap negara. Pembangunan Rusunawa (Rumah Susun Sewa) merupakan salah satu cara yang dilakukan pemerintah. Surabaya sebagai salah satu destinasi urbanisasi, pada tahun 2019 mencanangkan pembangunan Rusunawa di Jl. Indrapura, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kepadatan dan pemenuhan kebutuhan hunian. Namun hal ini tidak berjalan lancar begitu saja, namun masih menyisakan problem sosial, ekonomi serta lingkungan bagi Rusunawa, karena itu pendekatan Arsitektur Berkelanjutan diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah baru tersebut. Hal ini sejalan dengan isi surat Al-Qashash ayat 77 yang mengisyaratkan manusia untuk mencari kebahagiaan di dunia tanpa merusaknya. Dengan demikian konsep perancangan Rusunawa di Surabaya mengambil pendekatan arsitektur berkelanjutan agar menghasilkan desain yang mendukung keberlanjutan dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Harosta Ayatullah Suud Tunggalharostaas@gmail.comH73216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Perancangan; Rusunawa (Rumah Susun Sewa); Arsitektur Berkelanjutan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Harosta Ayatullah Suud Tunggal Putra
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:52
Last Modified: 04 Jun 2021 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47784

Actions (login required)

View Item View Item