Strategi dakwah pembinaan Muallaf di Masjid Cheng Ho Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Nurus Syarifati (2021) Strategi dakwah pembinaan Muallaf di Masjid Cheng Ho Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurus Syarifati Fitriyah_B91216101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah ustad Gunawan dalam pembinaan muallaf di Masjid Cheng Ho Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan observasi penelitian dengan terjun langsung mengikuti kelas pembinaan muallaf di masjid Cheng Ho Surabaya. Selain itu, melakukan wawancara dengan ustad Gunawan sebagai satu-satunya pembina dan beberapa jamaahnya untuk memperoleh data, termasuk juga dari beberapa muallaf. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis strategi dakwah menurut Al-Bayanuni. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi ustad Gunawan dalam pembinaan muallaf di masjid Cheng Ho Surabaya adalah dengan aspek hati, rasional, dan pancaindera. Ketiga aspek strategi tersebut berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Al-Bayanuni. Dengan aspek-aspek tersebut ustad Gunawan dapat menyesuaikan kemampuan yang dimiliki secara optimal dalam menyampaikan dakwah dengan sesuai dan mudah dipahami oleh para jamaahnya. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk meneliti sisi lain dakwah ustad Gunawan dalam pembinaan muallaf di masjid Cheng Ho Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Nurus Syarifatinsfitria14@gmail.comB91216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdulloh--196512171997031002
Subjects: Bimbingan
Dakwah > Dakwah, Strategi
Toleransi
Keywords: Strategi Dakwah; Pembinaan Muallaf; Masjid Cheng Ho Surabaya.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurus Syarifati Fitriyah
Date Deposited: 10 May 2021 06:12
Last Modified: 10 May 2021 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47794

Actions (login required)

View Item View Item