Ibrah dari kisah Ibrahim dan Ismail: penafsiran surat Ash Shaffat ayat 102-107

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqil, Akhmad Abdul Chafid (2021) Ibrah dari kisah Ibrahim dan Ismail: penafsiran surat Ash Shaffat ayat 102-107. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Abdul Chafid Aqil_E03217008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat berbagai macam kisah yang dikisahkan dalam Alqur’an, seperti tentang penciptaan bumi hingga alam barzah, peristiwa-peristiwa pada masa lampau yang telah terjadi, atau kisah kehidupan seorang Nabi dan Rasul pada zaman dahulu. Kisah kehidupan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail merupakan salah satu kisah yang telah dikisahkan dalam Alqur’an yang memiliki hikmah dalam mempelajari kisah tersebut. Kisah tersebut dapat dijadikan sebagai landassan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari pada zaman modern ini. Permasalahan yang akan diteliti pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana kisah dalam Alqur’an, 2). Bagaimana bentuk penafsiran ulama terhadap surah Ash-Shaffat ayat 102-107, 3). Bagaimana hikmah dari penafsiran surah Ash-Shaffat ayat 102-107 tentang kisah Ibrahim dan Ismail dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penafsiran ulama pada surah Ash-Shaffat ayat 102-107 serta mengambil hikmah dari kisah Ibrahim dan Ismail dalam surah tersebut. Dari berbagai permasalahan tersebut, untuk melakukan penelitian dan menganalisa permasalahan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni dengan menyajikan beberapa sumber data dan disajikan dalam bentuk kalimat. Sedangkan teori yag digunakan adalah dengan menggunakan teori qasas atau kisah, yakni digunakan untuk menelaah kisah-kisah dalam Alqur’an. Dari penafsiran surah Ash-Shaffat ayat 102-107 tentang kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dapat diambil kesimpulan serta hikmahnya yakni, Pertama, tentang keimanan Nabi Ibrahim dan Ismail terhadap Allah. Kedua, Kesabaran Nabi Ibrahim dan Ismail dalam menjalankan perintah Allah, meskipun yang menjadi korbannya adalah nyawa anaknya sendiri yaitu Ismail. Ketiga, ketaan Ismail sebagai keteladanan perilaku anak terhadap orangtua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqil, Akhmad Abdul Chafidakhmadchafidaqil@gmail.comE03217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id2006075901
Subjects: Cerita Nabi
Keywords: Hikmah; kisah; Ibrahim dan Ismail
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:47
Last Modified: 12 Feb 2022 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47797

Actions (login required)

View Item View Item