Analisis wacana kritis terhadap konsep aset dalam pedoman Akuntansi Pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijayanti, Fitri Ferina (2020) Analisis wacana kritis terhadap konsep aset dalam pedoman Akuntansi Pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Ferina Wijayanti_G72216067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kristis. Perolehan data dilaukan melalui dokumentasi, dengan cara mengumpulkan, memilih, dan mempelajari literatur-literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel, websites, dan literatur lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara tekstual konsep aset dalam PAP memiliki struktur kebahasaan yang berorientasi profit dan kurang selaras dengan karakteristik pesantren sebagai lembaga non-profit. Hal tersebut dikarenakan oleh praktik sosial yang telah melebur dalam ideologi kapitalisme, sehingga menciptakan sekularisasi pada konsep aset dalam PAP. Selain itu, praktik kewacanaan yang terdiri dari unsur produksi dan konsumsi teks juga memiliki pengaruh terhadap konsep aset dalam PAP. Diharapkan bagi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Bank Indonesia (BI) untuk mengkaji ulang konsep aset dalam PAP secara komprehensif dengan mempertimbangkan serta menyelaraskan jenis transaksi atau akad yang sesuai dengan karakteristik pesantren sebagai lembaga non-profit berbasis Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijayanti, Fitri Ferinafitriferinawijayanti@gmail.comG72216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Pesantren
Keywords: Pesantren; Lembaga Non profit; Pedoman Akuntasi pesantren.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Fitri Ferina Wijayanti
Date Deposited: 18 May 2021 09:37
Last Modified: 18 May 2021 09:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47810

Actions (login required)

View Item View Item