Analisis Maqashid Al-Syariah terhadap istri yang tidak menggugat cerai suami yang dipenjara 10 Tahun: studi kasus di Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhdor, Muhammad Ali (2020) Analisis Maqashid Al-Syariah terhadap istri yang tidak menggugat cerai suami yang dipenjara 10 Tahun: studi kasus di Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ali Muhdor_ C01213056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data penelitian diambil melalui wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa istri yang tidak menggugat cerai suami dipenjara 10 tahun selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik menggunakan teknik analisis deskriptif, yakni sebuah metode yang menggambarkan dan menafsirkan data yang telah terkumpul dengan menggunakan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa pertama, berdasarkan hasil penelitian terhadap istri yang tidak menggugat cerai suami dipenjara 10 tahun karena istri mempunyai komitmen yang kuat, tidak mudah menyerah walaupun menjadi tulang punggung keluarganya selama suami masih didalam penjara dan sang istri tidak ingin sang anak memiliki keluarga yang tidak lengkap. Kedua, bahwa istri yang tidak menggugat cerai suami dipenjara 10 tahun adalah untuk mewujudkan rumah tangga yang Sakinah, mawaddah dan warahmah dengan tujuan suami akan berubah Ketika keluar dari penjara. Dalam rumah tangga yang di idam-idamkan oleh istri yang tidak mengajukan gugat cerai suami dipenjara 10 tahun ini sesuai dengan ayat al-Qur;an Surat Ar-rum Ayat 21 yang berbunyi Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda tanda bagi kaum yang berfikir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhdor, Muhammad Alimuhdorali@gmail.comC01213056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Cerai Gugat
Hukum Islam
Peradilan
Keywords: Perceraian; Rumah Tangga Sakinah; Komitmen pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhammad Ali Muhdor
Date Deposited: 20 May 2021 11:27
Last Modified: 20 May 2021 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47812

Actions (login required)

View Item View Item