Analisis tingkat ancaman dan kerentanan ekosistem mangrove terhadap gelombang ekstrem di Desa Labuhan Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kartin, Tamanigela Fadhlika (2021) Analisis tingkat ancaman dan kerentanan ekosistem mangrove terhadap gelombang ekstrem di Desa Labuhan Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tamanaigela Fadhlika Kartin_H74216045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desa Labuhan merupakan wilayah yang rentan terhadap gelombang ekstrem. Berdasarkan hasil pengamatan, wilayah ini pernah terjadi abrasi sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk menjadikan ekosistem mangrove Desa Labuhan sebagai kawasan konservasi. Akibat gelombang ekstrem juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan merusak ekosistem mangrove. Salah satu upaya untuk memberikan pemeliharaan yang tepat, maka perlu diketahui seberapa besar tingkat kerusakan mangrove melalui analisis tingkat ancaman dan kerentanan mangrove. Penilaian tingkat kerentanan dan tingkat ancaman ekosistem mangrove dilakukan dengan menggunakan Peraturan KA BNPB No 2 Tahun 2012 yang dimodifikasi. Parameter dalam melakukan analisis ancaman dan kerentanan ekosistem mangrove adalah data kerapatan mangrove, zonasi mangrove, fungsi hutan mangrove, data gelombang, data arus, bentuk garis pantai, dan karang penghalang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ancaman dan kerentanan ekosistem mangrove masih dalam kategori rendah, sehingga kerusakan ekosistem mangrove akibat ancaman gelombang ekstrem juga diperoleh dalam kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kartin, Tamanigela Fadhlikatamanigelafk@gmail.comH74216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Mangrove; Kerentanan; Ancaman; Gelombang; Ekstrem.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Tamanigela Fadhlika Kartin
Date Deposited: 20 May 2021 14:25
Last Modified: 20 May 2021 14:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47825

Actions (login required)

View Item View Item