Analisis lokusi dan Ilokusi retorika dakwah Nur Muthiah di Masjid Sabilillah Kebraon Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rona, Balqis Mufidah (2020) Analisis lokusi dan Ilokusi retorika dakwah Nur Muthiah di Masjid Sabilillah Kebraon Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Balqis Mufidah Rona_B01216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dua rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak lokusi dan ilokusi dalam retorika dakwah Nur Muthiah dilihat dari kalimat dan pilihan kata yang dipakai. Tujuan penelitiannya adalah untuk menjelaskan tindak lokusi dan ilukosi dalam retorika dakwah Nur Muthiah di Masjid Sabilillah Kebraon Surabaya. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan perangkat analisis sosio linguistik, yaitu tindak tutur lokusi dan ilokusi. Data penelitian berbentuk transkrip cerita kisah Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW dan mengumpulkan data melalui observasi terhadap kegiatan ceramah Nur Muthiah di Masjid Sabilillah Kebroan Surabaya. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Penelitian ini menyimpulkan tindak lokusi dalam retorika dakwah Nur Muthiah pada cerita Isra’ Mi’raj menggunakan jenis kalimat deklaratif dan informatif dengan pola kalimat yang mudah dipahami. Tindak ilokusi dalam retorika dakwah Nur Muthiah pada cerita Isra’ Mi’raj yang meperlihatkan variasi jenis verdiktif,eksertif, komisif, behavitif dan eksposit. Bagi peneliti berikutnya agar retorika dakwah diteliti dari sisi lain dan dengan menggunakan analisis yang berbeda, supaya mampu menghasilkan hasil penelitian yang bervariasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rona, Balqis Mufidahbalqismufidah986@gmail.comB01216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Keywords: Lokusi; Ilokusi; Retorika dakwah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Balqis Mufidah Rona
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:16
Last Modified: 21 Jun 2021 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47867

Actions (login required)

View Item View Item