Pengembangan pembelajaran model Gallery Walk berbantuan Hands On Activity untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Putri Nur (2021) Pengembangan pembelajaran model Gallery Walk berbantuan Hands On Activity untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Jannah_D74216070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar matematika memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pencapaian keberhasilan belajar peserta didik. Proses belajar akan berjalan dengan lancar bila disertai dengan minat. Pada kenyataannya, masih banyak peserta didik yang tidak berminat dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan inovasi baru dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggabungkan antara model dan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan, serta mengukur kevalidan dan kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran Gallery Walk berbantuan Hands On Activity untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP dan LKPD pada materi bangun ruang sisi datar. tTknik analisis data yang digunakan yaitu teknik catatan lapangan, kevalidan dan kepraktisan dataeknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian di MTs Negeri 4 Mojokerto diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan pembelajaran metode ceramah yang berpusat pada guru dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Untuk proses mendesain prototipe 1 dilakukan selama 1 bulan yang menghasilkan RPP dan LKPD yang memuat model Gallery Walk berbantuan Hands On Activity. Kemudian, perangkat pembelajaran dikatakan valid dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,3 dan LKPD sebesar 3,6. Perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis dengan rata-rata dinilai B oleh kelima validator sehingga perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Putri Nurnurj98629@gmail.comD74216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, SupartoSuparto@uinsby.ac.id2002046903
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Pengembangan; Gallery Walk; Hands On Activity; Minat Belajar Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Jannah
Date Deposited: 31 May 2021 14:45
Last Modified: 31 May 2021 14:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47881

Actions (login required)

View Item View Item