Analisis hukum Islam dan pasal 1320 BW terhadap praktik perjanjian bagi hasil pertanian di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoerudin, Sopyan (2020) Analisis hukum Islam dan pasal 1320 BW terhadap praktik perjanjian bagi hasil pertanian di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sopyan Khoerudin_C92216206.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data hasil penelitian lapangan (field research) yang kemudian dihimpun melalui wawancara dan observasi untuk selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan pola pikir induktif. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa praktik kerja sama bagi hasil pertanian yang dilakukan oleh petani di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang menurut hukum Islam tidak memenuhi rukun dan syarat musya>rakah sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Selain itu dalam pandangan pasal 1320 BW, perjanjian pertanian tersebut juga tidak sesuai dengan ketentuan akan syarat sah suatu perjanjian. Tidak selesai sampai disitu, solusi yang diambil tatkala terjadi wanprestasi juga tidak sesuai dengan aturan-aturan hukum, baik dalam hukum Islam maupun pasal 1320 BW. Berdasarkan hal tersebut, guna mengantisipasi dari hal-hal yang dapat merugikan maka hendaknya: pertama, minimnya pemahaman masyarakat akan konsep dari perjanjian bagi hasil pertanian menjadi tugas dari tokoh masyarakat ataupun stake holder desa setempat dalam rangka mencerdaskan masyarakat akan perjanjian itu sendiri. ke dua, adalah tidak adanya lembaga atau sejenisnya yang dapat menjadi wadah bagi kebutuhan masyarakat khususnya dalam dunia muamalah sehingga urgensi untuk adanya sebuah lembaga misalnya koperasi, menjadi sangat penting guna menopang kebutuhan masyarakat dalam bermuamalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoerudin, Sopyansopyankhoerudin7@gmail.comC92216206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarram, Akh.--195609231986031002
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perjanjian
Keywords: Bagi hasil; wanprestasi; Perjanjian.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sopyan Khoerudin
Date Deposited: 22 Jun 2021 13:46
Last Modified: 22 Jun 2021 13:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47893

Actions (login required)

View Item View Item