Pemikiran toleransi KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan relevansinya dalam Keberagaman di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Sajid Iqbal (2021) Pemikiran toleransi KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan relevansinya dalam Keberagaman di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sajid Iqbal Firdaus_E72214022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Tuhan menurunkan agama kemuka bumi ini tidak lain adalah mengatur pola kehidupan manusia, baik yang sifatnya vertical ataupun yang sifatnya horizontal. Ibadah yang sifatnya vertikal dimaknai sebagai ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah SWT, contohnya : sholat, haji, puasa dan lain-lain. Sedangkan ibadah yang sifatnya horizontal yaitu ibadah yang sifatnya berhubungan dengan kehidupan sosial atau bisa dimaknai juga sebagai ibadah yang cakupannya meliputi hablum minannas dan hablum minal alam. Contohnya: sedekah, zakat fitrah, melindungi dan merawat lingkungan dan lain sebagainya. Adapun peneliti mengambil 2 rumusan masalah yaitu bagaimana konsep toleransi menurut Gus Dur, Bagaimana relevansi konsep toleransi Gus Dur dalam keberagaman di Indonesia. Dari penelitian ini, peneliti dapat mengambil kesimpulan toleransi bagi Abdurrahman Wahid bukan sekedar menghormati atau tenggang rasa, tetapi harus diwujudkan pengembangan rasa saling pengertian yang tulus dan diteruskan dengan saling memiliki (sense of bilonging) dalam kehidupan menjadi “ukhuwah basyariyah”. Relevansi dan penerapan pemikiran Gus Dur mengenai toleransi di Indonesia adalah sebagai berikut: Pertama, Pemikiran Abdurrahman Wahid tentang toleransi merupakan hasil dari proses dialogis antara keilmuan agama (ulumuddin), falsafah Pancasila, dan realitas sosial. Kedua, pemikiran Abdurrahman Wahid memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan toleransi beragama di Indonesia, lihat saja bagaimana atas beberapa pemikirannya baik dalam bidang keberagamaan, politik dan bernegara telah melahirkan pandangan yang berbeda bagi sebahagian besar rakyat Indonesia yang menjadikannya sebagai pondasi pelindung atas berbagai ketidakadilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Sajid Iqbalsajidiqbalfirdaus313@gmail.comE72214022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id2018057203
Subjects: Agama
Indonesia > Aliran Kepercayaan
Toleransi
Keywords: Pemikiran dan Toleransi Gus Dur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sajid Iqbal Firdaus
Date Deposited: 02 Jun 2021 11:38
Last Modified: 02 Jun 2021 11:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47901

Actions (login required)

View Item View Item