Subjective Well Being pada Lansia yang menerima anak angkat down syndrome

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Zaenal (2021) Subjective Well Being pada Lansia yang menerima anak angkat down syndrome. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaenal Ahmad_ J71214077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada gambaran serta komponen dari subjective well being lansia yang menerima anak angkat down syndrome. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan validitas datanya menggunakan triangulasi. Dalam penelitian ini hanya ada satu subjek yang dijadikan sumber informasi dan satu significant others. Penelitian ini memiliki beberapa temuan yaitu subjek yang telah menerima anak angkat dengan gangguan perkembangan down syndrome memiliki subjektive well being yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dari indikator kepuasan diri serta keseimbangan antara afeksi positif dan negatif. AD merasa sangat puas terhadap hidupnya, memiliki sikap menerima diri dan juga orang lain, memiliki keinginan serta tujuan yang telah tercapai, selelau merasa bersyukur dan bergembira, senang menolong orang lain, pemaaf, dan tidak pernah memiliki emosi negatif seperti perasaan sedih, prustasi, kecewa, maupun marah. Untuk mengatasi perasaan sedih AD merilekskan diri dan tidur. Hal ini dirasa AD cukup efektif untuk mengurangi ketegangan. AD merasa tidak pernah sedih, namun ia juga sering menangis ketika melakukan sholat tahajut dan ketika berdoa kepada Allah SWT untuk kedua orang tuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Zaenalzaenal13ahmad@gmail.comJ71214077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatinsunanampel@gmail.com2012067403
Subjects: Adopsi
Psikologi > Keluarga
Perkawinan
Keywords: Subjective well being; Lansia; Penerimaan; Down syndrome.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: zaenal ahmad
Date Deposited: 02 Jun 2021 12:46
Last Modified: 02 Jun 2021 12:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47902

Actions (login required)

View Item View Item