Analisis perhitungan nilai valuasi ekonomi produk olahan Mangrove

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shohib, Muhammad (2021) Analisis perhitungan nilai valuasi ekonomi produk olahan Mangrove. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Shohib_H04216016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hutan mangrove merupakan komunitas tanaman pepohonan yang hidup di habitat payau dan berfungsi sebagai pelindung daratan dari gelombang laut yang besar. Hutan mangrove memiliki manfaat ekonomis antara lain untuk tambak udang, pariwisata, bahan bakar kayu. bahan membuat perahu, lem, bahan pewarna kain serta daun dan buahnya dapat dijadikan sebagai produk olahan yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan produk hasil olahan mangrove dan total nilai valuasi ekonomi dari produk hasil olahan mangrove. Untuk mengetahui pemanfaatan hasil produk hutan mangrove digunakan teknik wawancara dengan pemilihan responden atau purposive sampling. Nilai valuasi ekonomi dihitung menggunakan metode TEV (Total Economic Value). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan hasil olahan mangrove di kawasan Banyuurip, Kabupaten Gresik dan kawasan Jembatan Merah masih dalam tahap pengembangan. Varian produk yang banyak dan menarik seperti sirup, stik, kripik, cendol, urap-urap dan peyek mangrove mampu menjadi daya tarik dari para wisatawan luar maupun lokal. Namun demikian dalam pengolahan masih menggunakan teknologi yang sederhana. Pemasaran dilakukan dengan menitipkan ke warung-warung terdekat, membuka stand di area wisata dan mempromosikan melalui media sosial. Adapun nilai ekonomi total dari produksi hasil olahan mangrove di Kawasan Mangrove Banyuurip, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik sebesar Rp. 183.867.158,00/tahun dantoal nilai ekonomi dari produksi hasil olahan mangrove di Kawasan Mangrove Jembatan Merah, Kecamatan Rembang sebesar Rp. 45.718.200,00/tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shohib, Muhammadmshohib663@gmail.comH04216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com198405062014031001
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id201409003
Subjects: Ekonomi
Ilmu Kelautan
Masyarakat
Keywords: Total Economic Value; Mangrove Banyuurip; Mangrove Jembatan Merah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muhammad Shohib
Date Deposited: 04 Jun 2021 05:15
Last Modified: 04 Jun 2021 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47903

Actions (login required)

View Item View Item