Kesadaran kolektif pengunjung dalam pemeliharaan lingkungan di ruang terbuka hijau Taman Kebon Ratu Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochman, Muhammad Abdur (2020) Kesadaran kolektif pengunjung dalam pemeliharaan lingkungan di ruang terbuka hijau Taman Kebon Ratu Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdur Rochman_I73215066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman pengunjung dalam pemeliharaan lingkungan serta menjaganya, dan bagaimana implementasi pengunjung atas pemahaman merawat lingkungan dan tata aturan dalam ruang terbuka hijau taman kebon ratu kabupaten jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pemahaman pengunjung tentang pemeliharaan lingkungan dan juga untuk mengetahui tata kelola taman kebon ratu, kemudian untuk mengetahui pengunjung ditaman kebon ratu apakah sudah ikut serta untuk memelihara taman tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptis analisis dan menggunakan teknik analisis triangulasi data dari pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat suatu fenomena yang terjadi pada Kesadaran Kolektif pengunjung dalam Pemeliharaan Lingkungan ini adalah teori Kesadaran Kolektif dari Emile Durkheim. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Pemahaman pengunjung mengenai pemeliharaan dan menjaga lingkungan juga benar-benar cukup bagus dimana telah dibuktikan dengan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, para informan dengan tegas dan kemampuan yang dikatakan cukup bagus meskipun terbilang mengaca dari kehidupan sehari-hari dan beberapa yang mungkin pengetahuan ditopang di oleh pendidikan dibangku sekolah seperti adanya adiwiyata. 2). Implementasi pengunjung dalam memelihara lingkungan dalam ruang lingkup taman kebon ratu terbilang cukup bagus dimana peneliti hanya satu kali menemukan sampah yang berserakan di seluruh bagian taman ini, Dan juga pihak pengelola mengatakan setiap tahun mengalami peningkatan perihal menjaga taman atau berkurangnya pengerusakan fasilitas yang ada ditaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochman, Muhammad Abdurmuhammadabdurromen@gmail.comI73215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Implementasi; Pemahaman dan Pemeliharaan Lingkungan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhammad Abdur Rochman
Date Deposited: 04 Jun 2021 05:02
Last Modified: 04 Jun 2021 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47905

Actions (login required)

View Item View Item