Analisis 'Urf terhadap sewa tanah dengan pembayaran dari hasil pertanian di Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumroh, Siti (2020) Analisis 'Urf terhadap sewa tanah dengan pembayaran dari hasil pertanian di Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sumroh_C92216205.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana praktik sewa tanah dengan pembayaran dari hasil pertanian di Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan?, 2. Bagaimana analisis 'urf terhadap sewa tanah dengan pembayaran dari hasil pertanian di Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan? Penelitian merupakan penelitian kualitatif, dengan mempweoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu kesimpulan yang diperoleh yakni bahwa akad sewa tanah ini disebut dengan akad ijarah, yang terjadi di masyarakat bahwa tidak ditentukan besaran upah pemberi sewa dan dibayarkan setelah panen, sehingga beberapa masyarakat merasa dirugikan, namun karena hal ini telah menjadi tradisi di masyarakat sehingga akad tersebut terus berjalan, dan pada akhirnya para pihak akan menerima adat tersebut. Sehingga secara urf akad yang terjadi disebut dengan 'urf yang shahih dan boleh dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumroh, Sitizumroh.090498@gmail.comC92216205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Sewa; Sewa menyewa; Sewa tanah; ijārah dan ‘urf; bagihasil.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Sumroh
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:28
Last Modified: 11 Jun 2021 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47912

Actions (login required)

View Item View Item