Peran pondok pesantren Alfattah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Banjarsari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuhairah, Muhammad Tiar (2021) Peran pondok pesantren Alfattah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Banjarsari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Tiar Fuhairah_G94217192.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendiskripsikan bagaimana bentuk pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh pondok pesantren Alfattah terhadap masyarakat sekitar dan untuk mengetahui dampak perubahan apa yang terjadi setelah dilakukannya pemberdayaan ekonomi oleh pondok pesantren Alfattah kepada masyarakat sekitar yaitu di Desa Banjarsari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, serta akurat mengenai fakta yang ada dilapangan. Adapun data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh pondok pesantren Alfattah yaitu kerjasama antara CV. Alfattah Niaga Berkah dengan masyarakat sekitar, dimana CV. Alfattah Niaga Berkah sebagai pemberi modal serta pelatihan terhadap masyarakat sedangkan yang menjalankan usahanya yakni masyarakat yang tergabung dalam unit-unit usaha tersebut yaitu Alfattah Mart, Beyond Water, dan Persewaan Terop. Bentuk pemberdayaan lainnya yaitu pelatihan budidaya ikan patin dimana yang ikut serta dalam pelatihan tersebut yakni masyarakat Desa Banjarsari serta bentuk pemberdayaan yang terakhir yaitu tenaga pembantu pondok pesantren Alfattah dimana hal ini sebagai wadah pekerjaan masyarakat sekitar untuk memenuhi kesejahteraan perekonomian keluarganya. Lalu selanjutnya dampak pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh pondok pesantren Alfattah terhadap perkonomian masyarakat, masyarakat memiliki dampak yang dapat terbagi menjadi beberapa indikator pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu, 1) Masyarakat yang terlibat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pondok pesantren Alfattah memiliki kemampuan untuk membeli komoditas kecil atau kebutuhan sehari-hari mereka. 2) Masyarakat yang terlibat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pondok pesantren Alfattah memiliki kemampuan untuk membeli komoditas besar yakni kebutuhan-kebutuhan mereka yang diinginkan seperti TV, Kulkas, Motor, dan lain sebagainya. 3) Masyarakat yang terlibat dalam pemberdayaan ekonomi memiliki kemampuan untuk memberi keputusan dalam keluarganya, dalam artian mampu menggunakan pendapatannya sendiri untuk kebutuhan keluarganya maupun untuk menabung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuhairah, Muhammad Tiartiar.pc@gmail.comG94217192
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi; Pondok Pesantren.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Tiar Fuhairah
Date Deposited: 07 Jun 2021 00:37
Last Modified: 07 Jun 2021 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47934

Actions (login required)

View Item View Item