Strategi komunikasi pemasaran kerajinan limbah bulu domba di komunitas Buldomb Art & Craft Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sukma Anggraeni Dwi (2021) Strategi komunikasi pemasaran kerajinan limbah bulu domba di komunitas Buldomb Art & Craft Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sukma Anggraeni Dwi Putri_B75217144.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah berikut: (1) Bagaimana perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh komunitas Buldomb Art & Craft dalam menjual kerajinan bulu domba?; (2) Strategi komunikasi pemasaran seperti apa yang diimplementasikan di komunitas Buldomb Art & Craft?. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran model SOSTAC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan berdasarkan elemen bauran pemasaran, dintaranya membuat produk kerajinan bulu domba yang unik dan berkualitas, menetapkan harga yang terjangkau sesuai dengan tingkat kerumitan kerajinan tersebut, menetapkan saluran distribusi di galeri komunitas dan pameran serta promosi melalui pameran, publikasi di media sosial dan media massa, promosi secara langsung di galeri komunitas, serta memanfaatkan event khusus; (2) Strategi komunikasi pemasaran yang diimplementasikan yaitu ‘melalui pameran, media sosial Instagram, Facebook, dan WhatsApp serta media massa Jawa Pos, Trans TV, SBC TV, dan media online Antara Jatim. Selain itu dengan berkomunikasi langsung di galeri komunitas, serta mengikuti event besar seperti HUT RI, Sea Games, dan Imlek dengan membuat kerajinan tema tersebut. Hasil penelitian ini akan direkomendasikan kepada semua pelaku bisnis agar menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif. Selain itu juga direkomendasikan kepada akademisi sebagai bahan referensi untuk mengembangkan srategi komunikasi pemasaran dimasa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sukma Anggraeni Dwisukmaadp08@gmail.comB75217144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--2020067303
Subjects: Komunikasi
Pemasaran
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran; Komunitas Buldomb Art & Craft; Kerajinan Bulu Domba.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sukma Anggraeni Dwi Putri
Date Deposited: 08 Jun 2021 22:56
Last Modified: 08 Jun 2021 22:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47960

Actions (login required)

View Item View Item