Perancangan kawasan Desa Wisata Bibrik Kabupaten Madiun dengan pendekatan community based tourism

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Manyu, Ivan Lilo Herianto Aby (2021) Perancangan kawasan Desa Wisata Bibrik Kabupaten Madiun dengan pendekatan community based tourism. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivan Lilo Herianto Aby Manyu_H73216065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia memiliki banyak keanekaragaman yang dibentuk oleh kondisi geografis negara kepulauan dan budaya di tiap daerah, mulai dari Suku, Budaya, Bahasa, Kepercayaan hingga keragaman arsitektur nusantara. Melalui keanekaragaman tersebut Indonesia memiliki desa dengan keuinakan yang berbeda di masing-masing daerah. Dengan kondisi demikian saat ini pemerintah sedang mengembangkan program desa wisata melalui kolaborasi tiga kementrian yaitu kemenpar, kementrian koperasi dan UMKM dan kementrian pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Program Desa Wisata ini bertujuan untuk pemerataan perkembangan ekonomi di Indonesia terutama pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan dan penyaluran dana desa yang lebih terarah. Desa Bibrik yang terletak di kabupaten Madiun memiliki potensi berupa lokasi yang strategis, dan kaya akan potensi internal berupa kebududayaan, sektor agro dan UMKM yang sedang berkembang cepat masyarakat melihat hal ini sebagai peluang pengembangan desa wisata di desa Bibrik. Melalui Hal inilah yang mendasari perancangan Desa Wisata Bibrik dengan menggunakan pendekatan Community Based Tourism. Pendekatan Community Based Tourism dipilih karena mampu mendorong masyarakat setempat untuk terlibat langsung atau menjadi subjek dalam perencanaan sehingga dalam perencanaan kawasan desa Bibrik selain itu pendekatan Community Based Tourism nantinya dapat mendorong terjalinnya kesesuaian output perencanaan dengan konteks kesetempatannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Manyu, Ivan Lilo Herianto Abyivanliloheriantp.abymanyu@gmail.comH73216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Pembangunan > Pembangunan Desa
Pariwisata
Keywords: Desa Wisata; Kabupaten Madiun; Community Based Tourism.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: MR IVAN LILO HERIANTO ABY MANYU
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:52
Last Modified: 10 Jun 2021 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47975

Actions (login required)

View Item View Item