Peran Kh. Sahlan dalam mengembangkan pesantren Darussalam Dungmas Bojonegoro (1990-2016)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Facruddin, Muchammad Arif (2021) Peran Kh. Sahlan dalam mengembangkan pesantren Darussalam Dungmas Bojonegoro (1990-2016). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Arif Fachruddin_A02217025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian sejarah digunakan pada penelitian ini sehingga langkah – langkah seperti heuristik, dimana pengumpulan sumber – sumber sejarah menggunakan arsip – arsip dan wawancara. Selain itu, verifikasi (kritik terhadap data), Historiografi , dan penafsiran. Skripsi ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologi menggunakan teori peran dan siklus diakronik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Berawal dari KH. Sahlan kecelakaan pada tahun 1989 yang membuat santri harus mengaji Al-Qur’an di rumahnya (2) Pada tahun 1994 KH. Sahlan mendirikan madrasah diniyah yang terdiri dari madrasah diniyah awaliyah dan madrasah diniyah wustho, awaliyah, wustho, dan lembaga – lembaga formal SD dan SMP. pada tahun 1999 disusul dengan berdirinya madrasah diniyah auliya’, serta lembaga – lembaga lainnya. (3) Kontribusi pesantren Darussalam Dungmas mempunyai beberapa macam, yaitu: a. Bidang pendidikan berupa mendirikan lembaga – lembaga formal, b. Bidang keagamaan berupa pengajaran tentang Al-Qur’an, Fiqih, dan Hadits pada santri dan masyarakat, c. Bidang pemberdayaan masyarakat berupa memfasilitasi kegiatan keagamaan islam yang berlangsung di desa Kedungrejo kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Facruddin, Muchammad Arifmariffachrudin1@gmail.comA02217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pesantren
Keywords: KH. Sahlan; Pesantren.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fachrudin Muchammad Arif
Date Deposited: 09 Jun 2021 01:09
Last Modified: 09 Jun 2021 01:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47982

Actions (login required)

View Item View Item