Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis etnomatematika pada Tari Boran di Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qudsiyah, Ulin Nihayatul (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis etnomatematika pada Tari Boran di Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulin Nihayatul Qudsiyah_D74215075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan bahan ajar yang diangkat dari budaya daerah merupakan suatu hal yang harus dikembangkan dalam dunia pendidikan, terutama pada pembelajaran matematika. Hal tersebut menjadi sebuah alasan dilakukannya penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat dalam Tari Boran di Lamongan, proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika model Discovery Learningberbasis Etnomatematika Tari Boran. Perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD).Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal, fase pembuatan prototipe dan fase penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara untuk memperoleh data bentuk etnomatematika yang ada pada Tari Boran, catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat, serta teknik validasi untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa etnomatematika yang terkandung dalam Tari Boran yakni pada gerakan tangan dan kaki dan mengandung materi garis dan sudut, proses pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning etnomatematika Tari Boran di Lamongan diperoleh data bahwa pendidikan matematika di SMPN 1 Sarirejo Lamongan masih menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 revisi 2017, dan materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi garis dan sudut dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning karena para peserta didik lebih menyukai pembelajaran penemuan terbimbing secara kooperatif. Sedangkan perangkat yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dengan nilai kevalidan RPP sebesar 3.95 dan LKPD sebesar 4.2. Perangkat yang dikembangkan juga masuk dalam kategori praktis dengan penilaian kepraktisanRPP yaitu empat poin B, dan penilaian kepraktisan LKPD yaitu memperolehdua poin A dan dua poin B.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qudsiyah, Ulin Nihayatululinnihayatul78@gmail.comD74215075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Etnomatematika; Tari Boran; Discovery Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulin Nihayatul Qudsiyah
Date Deposited: 10 Jun 2021 14:51
Last Modified: 10 Jun 2021 14:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47999

Actions (login required)

View Item View Item