Analisis pengaruh modal, jam kerja, dan lokasi usaha terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di Kawasan Makam Gus Dur Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Mohammad Fachri (2021) Analisis pengaruh modal, jam kerja, dan lokasi usaha terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima di Kawasan Makam Gus Dur Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Fachri Ardiansyah_G71216048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Modal Usaha, Jam Kerja , dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Bersih pedagang Kaki Lima di Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur Jombang”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel Modal Usaha, Jam Kerja, dan Lokasi Usaha apakah memiliki pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap pendapatan bersih pedagang kaki lima. Objek penelitian ini adalah para pedagang kaki lima yang berada di kawasan wisata religi makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil. Penelitian ini menggunkan data primer dari kuisioner yang sudah disebar 64 pedagang. Dari total 179 pedagang kaki lima di kawasan wisata religi makam Gus Dur. Tekhnik pengambilan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan metode Analisis Linier Berganda, Uji Parsial (Uji T), dan Uji Simultas (Uji F). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : 1) Variabel Modal Usaha (X1), Variabel Jam Kerja (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Variabel Pendapatan Bersih (Y), untuk varibel X1 mempunyai taraf signifikasi 0,000 dan Variabel X2 dengan taraf signifikasi 0,005. 2) Namun pada Variabel X3 dalam uji T mempuyai taraf signifikasi 0,900 diatas 0,05 berarti Variabel tersebut tidak berpengaruh secara parsial dikarenakan lokasi penelitian berada dalam obyek wisata, sehingga untuk penempatan lokasi pedagang kaki lima tidak ada pengaruh sama sekali terhadap pendapatan bersih yang diperoleh para pedagang. 3) Variabel X1, X2, dan X3 secara bersama – sama berpengaruh secara simultan terhadap Variabel Pendapatan (Y). Sejalan dengan penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan sebagai bahan masukan adalah sebaiknya para pedagang dalam membuka usaha perlu adanya manajemen modal, khususnya para pedagang yang mendapatkan modal usaha dari pinjaman eksternal Non Bank dan Non Koperasi. Sehingga anggunan bunga yang tinggi akan menjadi beban berat untuk para pedagang. Berkaitan dengan kawasan wisata religi makam Gus Dur maka sarang yang dapat diajukan ialah adanya pembenahan fasilitas – fasilitas penerangan khususnya untuk di malam hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Mohammad Fachririkhlhaardiansyah@gmail.comG71216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Pedagang > Kaki Lima
Keywords: Wisata Religi; Pendapatan Bersih; Modal Usaha; Jam Kerja; Lokasi Usaha.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Fachri Ardiansyah
Date Deposited: 21 Jun 2021 14:43
Last Modified: 21 Jun 2021 14:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48001

Actions (login required)

View Item View Item