Implementasi monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI) untuk meningkatkan perilaku religius siswa di Madrasah Tsanawiyah YPM 1 Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awanda, Rio (2020) Implementasi monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI) untuk meningkatkan perilaku religius siswa di Madrasah Tsanawiyah YPM 1 Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rio Awanda_D01216032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk, 1) Melihat bagaimana penerapan kegiatan monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI) di lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah YPM 1 Wonoayu Sidoarjo yang digadang bisa memberikan dorongan siswa didalam berperilaku religius, 2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat didalam pelaksanaan kegiatan monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI) yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Penelitian yang penulis gunakan disini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah YPM 1 Wonoayu Sidoarjo dan informan didalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru monitoring, dan beberapa siswa. Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kegiatan monitoring ini diterapkan sudah lama, kurang lebih sekitar tahun 2003. Kegiatan monitoring ini penerpannya menggunakan 2 buku yakni, buku panduan dan buku monitoring. Penerapannya guru menjelaskan kepada murid tentang materi yang harus dihafalkan, kemudian siswa menghafalkan dan menyetorkan hafalannya jika sudah hafal. 2) Faktor pendukung dari kegiatan monitoring ini yaitu materi-materi KPI merupakan kegiatan ibadah sehari-hari yang berkaitan dengan sholat, bersuci, doa, dan lain-lainnya. Faktor pendukung yang kedua yakni monitoring KPI sendiri sudah memiliki buku panduan yang berisi materi- materi yang harus dihafalkan, dan buku monitoring untuk memonitoring bagaimana sholat siswa saat dirumah setiap harinya. Faktor pendukung lainnya sebagai bentuk upaya meningkatkan perilaku religiu siswa yakni adanya sholat Dhuhur dan Ashar secara berjamaah, sholat Dhuha berjamaah, Istighosah setiap minggu, membaca surat yasin setiap hari Kamis, membaca Tahlil setiap hari Jum’at, dan tilawatil Qur’an. Berbagai kegiatan tersebut dapat meningkatkan perilaku religius siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awanda, Riorioawanda11101997@gmail.comD91216125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin7172@gmail.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsby.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Monitoring Kecakapan Penerapan Ibadah; Perilaku Religius.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rio Awanda
Date Deposited: 15 Jun 2021 22:32
Last Modified: 15 Jun 2021 22:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48043

Actions (login required)

View Item View Item