Peran bank sampah dalam peningkatan perekonomian masyarakat Desa Sumberpoh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudviyadi, Mohammad Rifqi (2021) Peran bank sampah dalam peningkatan perekonomian masyarakat Desa Sumberpoh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Rifqi Mudviyadi_G01216016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembentukan bank sampah sebagai program peningkatan perekonomian masyarakat desa dengan potensi yang dimiliki Desa Sumberpoh. Potensi yang dimiliki Desa Sumberpoh dengan jumlah penduduk yang padat dan pedalaman sehingga volume sampah tidak bisa dibendung lagi ini menjadi masalah sosial dan lingkungan, karena di Desa Sumberpoh kerap kali terjadi banjir ketika musim hujan datang penyebabnya tersumbatnya aliran sungai dari sampah yang dibuang sembarangan kesungai maupun disekitarnya. Tujuan penelitian 1). Untuk mengetahui peran bank sampah dalam peningkatan perekonomian masyarakat Desa Sumberpoh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo 2). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat bank sampah dalam peningkatan perekonomian masyarakat Desa Sumberpoh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskripsi dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kegiatan yang dilakukan dari bank sampah sebagai wujud peran bank sampah Desa Sumberpoh dalam peningkatan perekonomian masyarakat yaitu menambah pendapatan masyarakat dengan adanya kegiatan pengelolaan sampah di bank sampah Desa Sumberpoh masyarakat dapat berkembang lagi dengan bertambahnya penghasilan dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat walaupun tidak bisa dijadikan penghasilan utama bagi mereka. Dan ada juga peran bank sampah Desa Sumberpoh dalam menyadarkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Dengan adanya program kegiatan ini mampu mengubah pola pikir masyarakat dan menghilangkan kebiasaan negatif masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan membakar sampah menjadikan Desa Sumberpoh terjaga kebersihannya dari sampah disekitarnya. Faktor pendukung dan penghambat Bank Sampah dalam perekonomian masyarakat desa melalui pengelolaan sampah yaitu faktor pendukung meliputi 1). Kegigihan pengelola 2). Tim yang solid 3). Dukungan dari tokoh masyarakat setempat 4). Motivasi masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: 1). Kesadaran masyarakat untuk cinta lingkungan yang masih rendah dan tidak dapat memanfaatkan sebagai penghasilannya 2). Sumber daya manusia yang minim 3). Penjualan hasil kreasi sampah yang masih terlalu minim jangkauannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudviyadi, Mohammad Rifqimudviyadi4@gmail.comG01216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Organisasi Masyarakat
Keywords: Peran; Bank Sampah; Perekonomian Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rifqi mudviyadi
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:13
Last Modified: 18 Jun 2021 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48065

Actions (login required)

View Item View Item