Pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi: studi kasus pada Platform Starla Education di Pesantren Sosial Roisus Shobur Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saani, Luis Kholilur Rohman (2020) Pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi: studi kasus pada Platform Starla Education di Pesantren Sosial Roisus Shobur Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luis Kholilur Rohman Saani_F02317080.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tesis ini antara lain: fenomena peningkatan jumlah pengangguran khususnya bagi lulusan baru atau fresh graduate, peran pesantren dalam pemberdayaan sosial ekonomi bagi santri, alumni dan masyarakat, serta pemanfaatan teknologi untuk wirausaha dan pemberdayaan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimana model pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi di Pesantren Sosial Roisus Shobur Sidoarjo?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi di Pesantren Sosial Roisus Shobur Sidoarjo?, (3) Bagaimana kontribusi pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi terhadap santri dan Pesantren Sosial Roisus Shobur Sidoarjo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap pengurus, santri dan alumni. Serta observasi terhadap aktivitas dan kegiatan social entrepreneurship di platform Starla Education serta dokumentasi yang berkaitan dengan fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, model pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi pada platform Starla Education menggunakan pendekatan experiential learning melalui kegiatan layanan seperti Kelas Online dengan konsep Massive Open Online Course (MOOC), Marketplace Guru Privat, EduTech Support System, Marketplace Jasa Asisten Pendidikan, Portal Lowongan Kerja dan Platform Komunitas Menulis. Di mana semua layanan tersebut menggunakan konsep marketplace dan e-commerce yang melibatkan pihak ketiga, yakni masyarakat secara luas dengan tujuan pemberdayaan. Faktor pendukung dan penghambat meliputi: motivasi ruhaniyah karena pengabdian kepada pengasuh pesantren dan atas dasar hadits tentang menjaga kehidupan dunia dan akhirat. Sedangkan untuk faktor penghambatnya dikarenakan keterbatasan modal dan minimnya pengalaman kerja di dalam sebuah startup digital. Kontribusi pengembangan social entrepreneurship santri berbantu teknologi melalui platform Starla Education terhadap santri dan Pesantren Sosial Roisus Shobur dapat dibedakan menjadi dua, yakni tangible profit (keuntungan material) yakni tambahan pemasukan dan intangible profit (keuntungan non material) seperti meningkatkan sifat dan karakter positif bagi santri dan meningkatkan citra pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saani, Luis Kholilur Rohmanluiskholilur@gmail.comF02317080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Subjects: Pesantren
Wirausaha
Santri
Keywords: Social Entrepreneurship; Teknologi Pendidikan; Santri.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luis Kholilur Rohman Saani
Date Deposited: 17 Jun 2021 11:30
Last Modified: 17 Jun 2021 11:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48067

Actions (login required)

View Item View Item