Etika komunikasi menurut Alquran: studi interpretasi ayat-ayat komunikasi perspektif Ibnu Katsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Izzatin (2020) Etika komunikasi menurut Alquran: studi interpretasi ayat-ayat komunikasi perspektif Ibnu Katsir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatin Nabila_E03216018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi merupakan cara berinteraksi sesama manusia karena pada hakikatnya komunikasi adalah kebutuhan setiap manusia sebagai makhluk sosial. Dalam komunikasi terdapat etika yang harus digunakan saat berkomunikasi dengan lawan bicara. Islam juga mengajarkan etika komunikasi baik dalam Alquran maupun yang disebutkan dalam sunnah Nabi. Penelitian ini berusaha mengungkap etika komunikasi menurut Alquran dengan menginterpretasikan ayat-ayat komunikasi menggunakan perspektif penafsiran Ibnu Katsir. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data masalah dari referensi kepustakaan. Selain metode penelitian, penelitian ini juga menggunakan sebuah pendekatan, dan pendekatan yang digunakan tentulah pendekatan tafsir sesuai dengan tema kajiannya yakni kajian tafsir. Begitupun dengan teori yang diterapkan juga menggunakan teori tafsir dari tokoh yang akan dikaji. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini adalah bahwa di Alquran telah disebutkan juga ayat-ayat yang menjelaskan mengenai etika komunikasi. Dalam Alquran etika komunikasi disebutkan dengan kata qaulan dan dihimpun kedalam enam bagian, yakni qaulan sadidan, qaulan kariman, qaulan ma’rufan, qaulan layyinan, qaulan maysuran, dan qaulan balighan. Ibnu Katsir telah menafsirkan ayat-ayat komunikasi dengan menggunakan tafsir bi al-Ma’tsur dengan sangat rinci dan lugas. Dari hasil penafsiran Ibnu Katsir dan dari analisa peneliti dapat disimpulkan bahwa penafsiran Ibnu Katsir terhadap ayat ayat komunikasi berkaitan dan sesuai dengan etika komunikasi menurut Alquran, baik secara prinsip maupun karakteristik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Izzatinizzatinnabila00@gmail.comE03216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad--2010105601
Subjects: Tafsir
Keywords: Komunikasi; Ibnu Katsir; Etika Komunikasi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Izzatin Nabila
Date Deposited: 21 Jun 2021 11:13
Last Modified: 21 Jun 2021 11:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48079

Actions (login required)

View Item View Item