Peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab menggunakan metode reka cerita bergambar materi afrodul usrah kelas IV B MI Setia Bhakti Trawas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Masyitoh Nur (2021) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab menggunakan metode reka cerita bergambar materi afrodul usrah kelas IV B MI Setia Bhakti Trawas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masyitoh Nur Rohmah_D97217101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IVB MI Setia Bhakti Trawas. Hal ini dibuktikan dengan hasil salah satu nilai harian siswa selama proses pembelajaran, nilai yang diperoleh dari 28 siswa hanya 8 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 28%. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa maka peneliti akan menerapkan metode reka cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan metode reka cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Arab materi afradul ‘usrah di kelas IVB MI Setia Bhakti Trawas. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi afradul ‘usrah menggunakan metode reka cerita bergambar di kelas IVB MI Setia Bhakti Trawas. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yang mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (acting), 3) pengamatan (observing), dan 4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode reka cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV B materi afradul ‘usrah MI Setia Bhakti Trawas Mojokerto telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti pada hasil siklu I guru mendapatkan nilai 83 (jayyid), sedangkan pada siklus II guru mengalami peningkatan nilai menjadi 92 (jayyid jiddan). Sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai 75 (maqbul) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90 (jayyid jiddan). (2) Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IVB MI Setia Bhakti Trawas Mojokerto mengalami peningkatan setelah menggunakan metode reka cerita bergambar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu 78,75 (maqbul) mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai 88,10 (jayyid jiddan). Dari hasil persentase ketuntasan siswa pada siklus I mendapatkan 53,57% (naqis) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71% (jayyid jiddan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Masyitoh Nurrohmahsyitoh@gmail.comD97217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Berbicara Bahasa Arab; Metode Reka Cerita Bergambar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Masyitoh Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:03
Last Modified: 24 Jun 2021 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48087

Actions (login required)

View Item View Item