Representasi kemandirian perempuan dalam film Wedding Agreement

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Indri Yanih (2021) Representasi kemandirian perempuan dalam film Wedding Agreement. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indri Yanih Putri_B75217082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi kemandirian perempuan dalam Film Wedding Agreement. Penelitian ini memiliki fokus masalah yaitu "bagaimana representasi kemandirian perempuan dalam film Wedding Agreement?". Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, analisis dengan pemaknaan konotasi dan denotasi. Selain itu, menggunakan pendekatan kritis, pendekatan dengan melihat secara kritis dan menggambarkannya secara lebih jelas mengenai konteks isi, bahasa, dan gambar atau visual sehingga menemukan bagaimana tanda dan makna mengenai kemandirian perempuan digabungkan, digunakan dan diinterpretasikan dalam film Wedding Agreement. Kemudian, dioperasionalkan dengan teori representasi dan perspektif keislaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi kemandirian perempuan dalam film Wedding Agreement diantaranya adalah; Pertama, kemandiran emosi, direpresentasikan sebagai perempuan yang mampu mengendalikan diri, dan memecahkan masalah. Kedua, kemandirian perilaku, direpresentasikan sebagai perempuan yang cerdas, memiliki dan menjaga hubungan baik, dan mampu menerima kritik. Ketiga, kemandirian nilai, direpresentasikan sebagai perempuan yang mampu mengakui kesalahan dan memperbaikinya, tegas, dan memotivasi. Keempat, kemandirian spiritual, direpresentasikan sebagai perempuan yang memiliki kesadaran tinggi untuk melaksanakan kewajiban dalam keyakinannya, memiliki kualitas untuk menjalankan nilai kebaikan, dan enggan melakukan hal yang merugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Indri Yanihindriyanihputri1999@gmail.comB75217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Subjects: Mandiri
Keywords: Representasi; Kemandirian Perempuan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indri Yanih Putri
Date Deposited: 27 Jun 2021 12:44
Last Modified: 27 Jun 2021 12:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48093

Actions (login required)

View Item View Item