Analisis pengelolaan keuangan yayasan Al-Fatimah Surabaya dalam perspektif ISAK 35

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Maulidatul (2021) Analisis pengelolaan keuangan yayasan Al-Fatimah Surabaya dalam perspektif ISAK 35. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidatul Faridah_G72216072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai pengelolaan keuangan di yayasan dan kesesuaian pengelolaan keuangan di yayasan dan dengan PSAK 45. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dekskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan terdiri dari 5 (lima) tahapan diantaranya adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban, dimana Yayasan Al-Fatimah Surabayaa melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dengan sederhana dengan melakukan pencatatan meliputi penerimaan dan pengeluaran, sistem penyimpanan uang di tangan, tahap pelaporan dilaporkan sebatas dari anggota ke pengurus atau ketua yayasan dan belum ada tahapan pertanggungjawaban dari yayasan. Sehingga, Yayasan Al-Fatimah Surabaya masih belum memenuhi keempat unsur laporan keuangan, dimana yayasan belum mengenal ISAK 35. Akuntabilitas didalam Yayasan Al-Fatimah Surabaya belum dilakukan secara maksimal, dibuktikan dengan tidak adanya pengungkapan keadaan keuangan kepada masyarakat luas maupun pada donatur. Saran yang dapat diberikan adalah dalam hal penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan ISAK 35 maka dapat dilakukan dengan cara mengikuti pelatihan yang diharapkan akan menambah pengetahuan di bidang akuntansi. Dengan adanya ISAK 35 yayasan akan mampu memberikan pedoman penyajian laporan keuangan, dan yayasan akan lebih taat pada peraturan perundang-undangan sehingga akuntabilitasnya akan terjaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Maulidatulfaridahmaulidatul@gmail.comG72216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin--2008088302
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: Pengelolaan Keuangan; Yayasan; ISAK 35; Akuntabilitas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Maulidatul Faridah
Date Deposited: 21 Jun 2021 05:40
Last Modified: 21 Jun 2021 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48097

Actions (login required)

View Item View Item