Epistemologi tafsir Lataif al Isharat karya al-Qushairi: telaah atas tafsir ayat Basmalah pada awal surat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulumudin, Ihya' (2021) Epistemologi tafsir Lataif al Isharat karya al-Qushairi: telaah atas tafsir ayat Basmalah pada awal surat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ihya' Ulumudin_F12517338.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Tafsir Lataif al-Isharat merupakan salah satu dari sekian banyak kitab tafsir yang bercorak sufi yang dalam menafsirkan ayat-ayat kalam mengikuti ilham yang diterima. Kitab ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan kitab tafsir lain secara umum dan tafsir sufi secara khusus. Salah satu ciri khas tafsir ini adalah mufassir memberikan penafsiran yang berbeda pada tiap Basmalah yang ada di awal surat. Mufassir kitab tersebut ketika menafsirkan basmalah yang ada dalam surat Al-Fatihah memang mengatakan demikian. Namun, ada anggapan bahwa tafsir basmalah yang berbeda-beda tersebut merupakan garis besar dari kandungan surat. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penafsiran al-Qushairi atas basmalah dalam al-Qur’an? 2) Bagaimana epistemologi penafsiran al-Qushairi atas basmalah dalam Lataif al-Isharat?. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui episteme penafsiran Al-Qushairi terhadap basmalah dan mengetahui proses atau asal usul penafsiran tersebut serta hubungannya dengan surat setelahnya. Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dari sumber-sumber primer dan sekunder dengan menggunakan teknik deskriptif analitis. Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah dalam menginterpretasikan basmalah, al-Qushairi menggunakan rasa(dhawq) atau kondisi kejiwaannya. Tafsir basmalah di awal tiap surat, selain surat al-Taubah, yang dilakukan oleh al-Qushairi bukan merupakan garis besar dari surat yang didahului oleh basmalah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulumudin, Ihya'ihyaulumudin84@gmail.comF12517338
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Epistemologi; Tafsir Lataif al-Isharat; Basmalah.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ihya' Ulumudin
Date Deposited: 22 Jun 2021 10:05
Last Modified: 22 Jun 2021 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48106

Actions (login required)

View Item View Item