Analisis yuridis terhadap praktik pemeriksaan dua saksi sekaligus dalam satu persidangan di Pengadilan Agama Bangil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Maulidia Izza (2020) Analisis yuridis terhadap praktik pemeriksaan dua saksi sekaligus dalam satu persidangan di Pengadilan Agama Bangil. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidia Izza Agustina_C91216167.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kualitatif, teknis analisis data yang digunakan metode deskriptif yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya. Yang mengumpulkan datanya berdasarkan pengalaman penulis pada saat Praktik Peradilan Agama yang melihat langsung praktik pemeriksaan dua saksi sekaligus. Dalam hal ini praktik pemeriksaan dua saksi sekaligus kemudian dianalisa menggunakan hukum positif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses pemeriksaan saksi pada saat berjalannya sidang ternyata berbelok dari syarat formilnya yaitu pasal 144 ayat (1) HIR, pasal 171 ayat (1) Rbg, yang menjelaskan bahwa para saksi dipanggil ke dalam ruang sidang seorang demi seorang. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis menyarankan kepada pemerintah perlu adanya perbaikan bagi sistem pelayanannya, agar urusan penyelesaian perkara berjalan dengan baik, benar guna mendapatkan putusan yang adil. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni pemeriksaan saksi secara bersamaan atau dua orang sekaligus dalam proses persidangan pembuktian di pengadilan agama yaitu, proses pemeriksaan saksi dipanggil dan diperiksa secara bersamaan atau dua sekaligus dalam satu persidangan yang disebabkan oleh terlalu banyaknya perkara yang harus dipersidangkan hal ini sudah jelas melenceng dari syarat formil yang seharusnya ditaati.Adapun saran yang dapat peneliti berikan yakni Perlu diatur dengan baik system pelayanan dan program-program yang mengikat pengadilan agar proses berjalannya sidang sesuai dengan hukum acara yang ada yang berlaku di Indonesia guna mendapatkan putusan yang benar dan adil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Maulidia Izzamaulidiaa425@gmail.comC91216167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum > Hukum Acara Perdata
Peradilan
Keywords: Sistem pelayanan; Pemeriksaan saksi; Persidangan; Pengadilan agama Bangil.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Maulidia Izza Agustina
Date Deposited: 23 Jun 2021 22:01
Last Modified: 23 Jun 2021 22:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48137

Actions (login required)

View Item View Item