Efektivitas penggunaan media video youtube dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III B MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rhamadani, Fitria Ayu (2021) Efektivitas penggunaan media video youtube dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III B MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Ayu Rhamadani_D97217093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan proses pembelajaran harus dilaksanakan di rumah dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring adalah kurangnya motivasi peserta didik untuk lebih aktif mengikuti pembelajaran daring yang. Hal tersebut dapat memperngaruhi hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti melihat efektivitas media video Youtube sebagai media pembelajaran daring guna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III B MINU Ngingas Waru Sidoarjo? ; 2) Bagaimana efektivitas penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III B MINU Ngingas Waru Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan statistik dalam menganalisis data, serta data yang didapatkan yaitu berupa angka-angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperiment) dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest dengan membandingkan nilai sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran daring di kelas III-B materi tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 dilakukan dengan cara membagikan link Youtube melalui whatssapp grup walimurid. Penggunaan media video Youtube ini mendapatkan nilai akhir 89,58% dengan predikat sangat tinggi ; 2) Efektivitas penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran daring di kelas III-B efektif digunakan sebagai media pembelajaran daring, dibuktikan dengan persentase hasil belajar peserta didik yang sebelum diterapkan media video Youtube yaitu 60% peserta didik yang mencapai KKM menjadi 85% peserta didik yang mencapai KKM. Selain itu dibuktikan pada hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan nilai asym sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rhamadani, Fitria Ayuayufitria134@gmail.comD97217093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; Media belajar Youtube; Hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitria Ayu Rhamadani
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:07
Last Modified: 29 Jun 2021 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48163

Actions (login required)

View Item View Item