Mengambil upah dalam mengajarkan ilmu agama perspektif kitab tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Diecky Saigin Hendrawan (2021) Mengambil upah dalam mengajarkan ilmu agama perspektif kitab tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diecky Saigin Hendrawan Putra_E93217056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karya tulis ilmiah ini memiliki maksud untuk menemukan jawaban atas permasalahan penerimaan upah setelah aktifitas pengajaran ilmu agama melalui sudut pandang Wahbah Az-Zuhaili. Karya tulis ilmiah ini dibentuk melalui studi kepustakaan serta memakai metode penlitian diskriptif analitik, berupa menampilkan segenap data dalam bagian analisis. Penggunaan data berfokus pada Kitab Tafsir Al-Munir. Masalah yang menjadi fokus pembicaraan dalam penelitian adalah 1) Bagaimana pandangan Wahbah Az-Zuhaili tentang pengambilan upah atas pengajaran ilmu agama? 2) Bagaimana kontekstualisasi terhadap realitas masa sekarang? Penelitian ini menggunakan model penelitian kepustakaan (library research) dikarenakan sumber yang diperlukan dalam penelitian ini berbasis data-data tertulis, berupa buku, kitab, jurnal, artikel, penelitian terdahulu, dan lain sebagainya.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif-analisis yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang dibahas, yakni konteks pengambilan upah atas pengajaran agama Islam berpaku ayat ishtarau thamanan qalilan Dengan metode di atas, penelitian ini berargumen bahwa penafsiran ilmiah yang dilakukan Wahbah Az-Zuhaili menuturkan bahwa tidak boleh mengambil upah atas kegiatan penyebaran ilmu agama, sebab perbuatan tersebut dilakukan secara ihklas, dilain sisi penyebaran ilmu agama adalah sebuah kewajiban. Pendapat tersebut Wahbah Az-Zuhaili menukil dari pemaparan Imam Hanafi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Diecky Saigin Hendrawandieckys363@gmail.comE93217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdulalidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Al Qur'an
Upah Minimum
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Upah; Kitab Al-Munir; Pengajaran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Diecky Saigin
Date Deposited: 29 Jun 2021 13:59
Last Modified: 29 Jun 2021 13:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48174

Actions (login required)

View Item View Item