Analisis produktivitas zakat untuk pemberdayaan penyandang disabilitas di LAZ IZI Cabang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arfan, Arfan (2021) Analisis produktivitas zakat untuk pemberdayaan penyandang disabilitas di LAZ IZI Cabang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arfan_G05217003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data yakni deskriptif analisis, dalam metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, wawancara dilakukan secara langsung kepada pengurus LAZ IZI Cabang Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemberdayaan penyandang disabilitas LAZ IZI Cabang Jawa Timur ada dua model yaitu rumah kreatif “shoes and care” dan bantuan tempat usaha. LAZ IZI Cabang Jawa Timur dalam membantu para penyandang disabilitas yang termasuk kategori delapan asnaf dengan cara membuat program pemberdayaan khusus bagi para penyandang disabilitas, untuk dapat membantu para penyandang disabilitas sesuai dengan kebutuhan meraka. Produktivitas dana zakat bagi para penyandang disabilitas dalam meningkatkan usaha melalui program pemberdayaan rumah kreatif “shoes and care” dan tempat usaha. Sebagian besar bentuk usaha yang di berikan LAZ IZI Cabang Jawa Timur keapada para penyandang disabilitas berupa tempat usaha, LAZ IZI Cabang Jawa Timur tidak membatasi para penyandang disabilitas untuk membuka usaha seperti apa yang mereka inginkan. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan keapada LAZ IZI Cabang Jawa Timur dapat melakukan pemantau dan survey secara langsung terhadap program pemberdayaan yang di jalankan oleh para penyandang disabilitas secara berkala sehingga dapat membantu meningkatkan pelayanan para penyandang disabilitas yang lebih optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arfan, Arfanarfankhalid426@gmail.comG05217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Produktivitas zakat; Pemberdayaan; Penyandang disabilitas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Arfan Khalid Hapel
Date Deposited: 29 Jun 2021 13:04
Last Modified: 29 Jun 2021 13:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48177

Actions (login required)

View Item View Item