Implementasi nilai-nilai sosial profetik dalam realitas dakwah film makmum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warbain, Novrin (2020) Implementasi nilai-nilai sosial profetik dalam realitas dakwah film makmum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novrin Warbain_B01216033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai sosial profetik humanisasi, liberasi, dan transendensi pada adegan yang mengandung realitas dakwah dalam film Makmum. Peneliti memilih film ini karena jarang sekali film horor Indonesia yang mengandung realitas dakwah pada adegannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tekstual, dan jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis deskriptif. Data akan dianalisis menggunakan 3 pilar nilai-nilai sosial profetik yang telah dirumuskan oleh Kuntowijoyo yakni Humanisasi, Liberasi, dan Transendensi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai sosial profetik humanisasi pada adegan film Makmum menunjukkan untuk saling menghargai sesama manusia, saling tolong menolong dalam kebaikan. Nilai liberasi pada film Makmum tidak ditemukan. Nilai transendensi menunjukkan agar manusia menggantungkan segala urusan dan kepercayaan atas dasar iman kepada Allah swt. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat mengkaji film ini dengan teori lain agar mendapat hasil penelitian yang bervariatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warbain, Novrinnovrinw@gmail.comB01216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Film Makmum; Nilai-Nilai Sosial Profetik; Humanisasi; Liberasi; Transendensi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Novrin Warbain
Date Deposited: 29 Jun 2021 14:34
Last Modified: 29 Jun 2021 14:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48182

Actions (login required)

View Item View Item