Pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatanya dalam pendidikan islam di pesantren rakyat Sumberpucung dan Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Ahmad (2020) Pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatanya dalam pendidikan islam di pesantren rakyat Sumberpucung dan Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ma'ruf_F05331303.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatanya dalam pendidikan Islam, merupakan peran penting untuk menetukan kebijakan literasi ekonomi oleh Pesantren Rakyat dan Pesatren Sunan Kalijogo. Dan konteks penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemberdayaan ekonomi di Pesantren Rakyat Sumberpucung dan Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. (2) Bagaimana pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatanya dalam pendidikan Islam di Pesantren Rakyat Sumberpucung dan Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus yang merupakan prosedur penelitian kualitatif, penelitianya mengeksplorasi kehidupan nyata, baik sistem terbatas kontemporer kasus maupun beragam sistem terbatas. Lokasi penelitian di Pesantren Rakyat dan Pesantren Sunan Kalijogo. Objek penelitianya: Pengasuh, Pengurus, dan Ketua program pemberdayaan ekonomi yang menjadi subjek utama. Dan penggalian data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan kajian pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Model pemberdayaan ekonomi di Pesantren, dalam rangka mewujudkan santri ekonom dan ekonom religius, serta mewujudkan santri mandiri dan kemandirian santri, dan ditemukan tiga model pembemdayaan ekonomi antara lain: (a) Peningkatan Financial Literacy, menjadikan santri ekonom dan ekonom religius (b) Peningkatan Economic Self-Efficacy, menjadikan santri mandiri dan kemandirian santri (c) Peningkatan Economic Self-sufficiency menjadikan peningkatan kesejahteraan santri dan pengurus (2) Strategi pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatanya dalam pendidikan Islam di Pesantren, yaitu mewujudkan pemberdayaan ekonomi untuk menopang pendidikan Islam dan peningkatan sumberdaya pendidik, mewujudkan santri dan pengurus merakyat dan bermartabat, dan membagun kesan mudah dalam menempuh pendidikan di pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, Ahmadahmad.maruf@yudharta.ac.idF05331303
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus alamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Pendidikan Islam.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Ahmad Ma'ruf
Date Deposited: 30 Jun 2021 17:22
Last Modified: 30 Jun 2021 17:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48183

Actions (login required)

View Item View Item