Korelasi kata al-shajar al-akhḍhar dengan hari kebangkitan manusia perspektif Fakhruddin Al-Razi dalam Kitab Mafātih Al-Ghaīb: studi Munasabah terhadap Surah Yasin ayat 77-80

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qolbi, Sifa'ul (2021) Korelasi kata al-shajar al-akhḍhar dengan hari kebangkitan manusia perspektif Fakhruddin Al-Razi dalam Kitab Mafātih Al-Ghaīb: studi Munasabah terhadap Surah Yasin ayat 77-80. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sifa’ul Qolbi_E93217133.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas penjelasan makna al-Shajar al-Akhḍhar menurut kitab Mafātih al-Ghaīb karya Fakhruddin al-Razi dengan mengaitkan ayat sebelum dan sesudahnya agar menjadi padu dan tidak menjadikan ayat ini berdiri sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana makna al-Shajar al-Akhḍar perspektif Fahruddin al-Razi? 2. Bagaimana korelasi makna al-Shajar al-Akhḍar dengan ayat sebelumnya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna al-Shajar al-Akhḍar dari berbagai perspektif mufassir dan juga perspektif Fakhruddin al-Razi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analisis, yaitu penelitian yang memaparkan dan menganalisa secara detail. Jenis kajian yang digunakan ialah library research atau kajian pustaka. Dengan pendekatan tafsir, menganalisis satu ayat yang menjadi fokus penelitian. Serta menggunakan tafsir tahlily sebagai teori penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh ialah lafadz al-Shajar al-Akhḍar tidak hanya memiliki makna pohon yang hijau. Akan tetapi sebagai perumpamaan manusia yang terdiri dari jasad yang fisik dan ruh metafisik yang meliputi jasad. Dalam hal ini, penafsiran al-Razi tidak menjadikan ayat ini berdiri sendiri tanpa ada kaitan dengan ayat sebelum dan sesudahnya. Melainkan sama-sama berbicara mengenai hari kebangkitan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qolbi, Sifa'ulQolbis691@gmail.comE93217133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Tafsir
Keywords: al-Shajar al-Akhḍar; Api; Hari Kebangkitan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sifa'ul Qolbi
Date Deposited: 30 Jun 2021 18:17
Last Modified: 30 Jun 2021 18:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48196

Actions (login required)

View Item View Item