تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة طلاب الفصل الثالث من مدرسة الكريمي الدينية الوسطى جرسيك لكتاب متن الغاية والتقريب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Hafiah Hafidhotul (2021) تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة طلاب الفصل الثالث من مدرسة الكريمي الدينية الوسطى جرسيك لكتاب متن الغاية والتقريب. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafiah Hafidhotul Ilmiyah_A91217059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Ilmu Nahwu merupakan salah satu ilmu penting bagi siswa yang sedang belajar Bahasa Arab. Meskipun di beberapa sekolah sudah mengajarkan tentang ilmu nahwu, namun realitanya masih ada siswa yang membaca teks Arab tidak sesuai dengan kaidah nahwu. Dari paparan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan analisis kesalahan nahwu di i’rab pada bacaan siswa kelas 3 wustho Madrasah Diniyah Al-Karimi Gresik dalam kitab Matan Al Ghoyah wa Attaqrib. Menggunakan rumusan masalah: apa saja macam-macam, bentuk-bentuk, dan sebab-sebab kesalahan nahwu di i’rab pada bacaan siswa kelas 3 wustho Madrasah Diniyah Al-Karimi Gresik dalam kitab Matan Al Ghoyah wa Attaqrib. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pengujian, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam menganalisis kesalahan yaitu menentukan kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, menafsiri sebab terjadinya kesalahan, dan yang terakhir membenarkan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Macam kesalahan nahwu dalam i’rab rafa’ ada 18 kesalahan, i’rab nashab 8 kesalahan, i’rab jar 16 kesalahan, dan 2 kesalahan dalam i’rab jazem (2) Bentuk kesalahan dalam isim mufrad ada 26, pada jamak taksir ada 5, pada fi’il mudhari’ ada 5, pada isim ghairu munsharif ada 7, dan satu bentuk kesalahan dalam jamak muannats salim. (3) 28 kesalahan disebabkan penerapan aturan yang tidak sempurna atau kurangnya praktek, 7 kesalahan disebabkan over generalitation, dan 3 kesalahan disebabkan siswa tidak tahu tentang kaidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Hafiah Hafidhotulhafiahelhikam.99@gmail.comA91217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Pendidikan
Keywords: Analisis kesalahan; Nahwu; I’rab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hafiah Hafidhotul Ilmiyah
Date Deposited: 04 Jul 2021 07:32
Last Modified: 04 Jul 2021 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48197

Actions (login required)

View Item View Item