Dialektika nasionalisme antara Muwallad dan Wulaiti tahun 1913-1945

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Zufar (2021) Dialektika nasionalisme antara Muwallad dan Wulaiti tahun 1913-1945. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zufar Abdullah_A92216110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan pendekatan sosiologis. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori konflik menurut Lewis Coser. Hasil dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: (1) Komunitas Hadrami di Indonesia mengalami perkembangan dari aspek demografis, sosiologis, ideografis dan politis. (2) Kaum wulaiti berpandangan bahwa kebangsaan komunitas Hadrami di Indonesia adalah Hadramaut karena Hadramaut adalah tanah kelahiran dan tanah air, bukan Indonesia. Sedangkan kaum muwallad berpandangan bahwa kebangsaan komunitas Hadrami di Indonesia adalah Indonesia khususnya bagi peranakan karena nilai-nilai budaya Indonesia telah menyatu dengan kehidupan komunitas Hadrami yang tinggal di Indonesia. (3) Perbedaan pandangan soal nasionalisme tersebut berimplikasi pada penguatan identitas di masing-masing kelompok serta meningkatkan partisipasi sosial dan politik komunitas Hadrami terhadap pergerakan nasional Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Zufarzufar.7.10.17.4.21@gmail.comA92216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Nasionalisme
Keywords: Nasionalisme; Muwallad; Wulaiti.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zufar Abdullah
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:47
Last Modified: 12 Jul 2021 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48206

Actions (login required)

View Item View Item