Analisis hukum islam dan undang-undang No.8 tahun 1999 terhadap Wanprestasi jasa di Pt. Ninul Jaya Wisata Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yazidah, Septiana Nadzifatul (2020) Analisis hukum islam dan undang-undang No.8 tahun 1999 terhadap Wanprestasi jasa di Pt. Ninul Jaya Wisata Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiana Nadzifatul Yazidah_C02216065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, selanjutnya penulis melakukan analisis dengan metode deskriptif yang menggunakan pola pikir induktif yaitu menjelaskan akad kerjasama yang dilakukan perusahaan dengan konsumen dalam pelayanan biro perjalanan wisata lalu di analisis dengan konsep Ijarah. Hasil dari penelitian memberikan kesimpulan bahwa praktik akad kerjasama yang dilakukan oleh PT. Ninul Jaya Wisata ini sudah memenuhi akad kerjasama yang sesuai dengan Hukum Islam yakni ijarah, rukun dan syarat yang sah menurut ija>rah tetapi belum sesuai dengan Undang-undang no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap kelalaian perusahan karene kelalaian disengaja maupun tidak sengaja yang menimbulkan pihak konsumen merasa dirugikan atas kelalaian pihak biro perjalana wisata PT. Ninul Jaya Wisata. Sejalan dengan paparan kesimpulan diatas, maka untuk lebih baik kedepannya penulis memberikan saran kepada pihak biro perjalanan wisata dan konsumen yang merasa dirugikan atas kelalaian yakni pertama, pemberian kompensasi atas kerugian sebaiknya secepatnya jangan melebihi batas waktu. Kedua, upaya penyelesaian wanprestasi seharusnya sesuai dengan kopensasi kerugian yang dibutuhkan konsumen. Ketiga, sebaiknya jika memberikan informasi itu harus jelas dan segera dibuat kesepakatan diawal akad kerjasama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yazidah, Septiana NadzifatulSeptiananadzifatul@gmail.comC02216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarram, Akh.--2023095601
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perjanjian
Hukum Ekonomi
Keywords: Sewa menyewa; Jasa; Wanprestasi Jasa di PT. Ninul Jaya Wisata; Biro perjalanan wisata.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Septiana Nadzifatul Yazidah
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:05
Last Modified: 05 Jul 2021 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48218

Actions (login required)

View Item View Item