Kontra narasi tentang nasionalisme perspektif kitab tafsir Al-Furqan karya Ahmad Hassan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Sayyidah (2021) Kontra narasi tentang nasionalisme perspektif kitab tafsir Al-Furqan karya Ahmad Hassan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidah Maghfiroh_E93217093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nasionalisme merupakan bentuk upaya dalam mewujudkan kemerdekaan dan menjadikan suatu negara menjadi maju. Topik ini sering menjadi perdebatan diantara masyarakat Indonesia sejak zaman pra-kemerdekaan sampai sekarang, disebabkan terdapat golongan yang mendukungnya dan tidak, serta beberapa orang menganggap nasionalisme dalam Islam tidak ada, karena hal tersebut mencontoh kepada bangsa Eropa yang tidak didasari dengan Alquran. Dalam pembahasan ini tidak hanya para tokoh politik yang ikut serta, Ahmad Hassan sebagai salah seorang ulama tafsir pada zamannya yang juga ikut menyoroti permasalahan ini yang tertuang dalam beberapa karyanya termasuk kitab Tafsir Al Furqa<n. Oleh sabab itu, Penulis akan mengangkat beberapa rumusan masalah dalam hal ini. Pertama, metode dan corak yang digunakan dalam kitab Tafsir Al Furqa<n. Kedua, penafsiran Ahmad Hassan tentang nasionaisme dalam kitab Tafsir Al Furqa<n. Dan penelitian ini bertujuan Untuk pertama, menganalisa metode dan corak yang digunakan Ahmad Hassan dalam kitab Tafsir Al-Furqān. Kedua, Menganalisa penafsiran Ahmad Hassan tentang ayat-ayat nasionalisme dalam Tafsir Al-Furqān Dalam penilitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni menformulasikan suatu data menjadi sebuah narasi, sehingga dapat menjelaskan suatu makna, fenomena atau pemikiran. Metode deskriptif dalam penelitian ini berguna sebagai sarana analisa dalam menggambarkan penafsiran Ahmad Hassan dalam hal nasionalisme menurut pemikiran yang dimilikinya pada Tafsir Al-Furqān. Adapun hasil dari penelitian ini yakni dapat disimpulkan Tafsir Al-Furqān menggunakan metode ijmali dengan corak lughowi dan fiqh. Adapun penafsiran nasionalisme perspektif Ahmad Hassan dalam kitab Tafsir Al-Furqān yaitu dalam pemikirannya sendiri Hassan tidak menyetujui adanya nasionalisme dalam hal cinta tanah air yang berlebihan sampai menjadikan sesuatu yang dilarang agama dilakukan dan menjadikan undang-undang buatan manusia menjadi dasar hukum, serta dalam hal patuh pada pemimpin sebagai salah satu unsur dalam memajukan negara, Hassan memiliki kriteria sendiri dalam masalah ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Sayyidahfirohmaghfir49@gmail.comE93217093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Nasionalisme
Keywords: Tafsir al-Furqan; Ahmad Hassan; Nasionalisme.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: sayyidah maghfiroh
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:46
Last Modified: 05 Jul 2021 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48227

Actions (login required)

View Item View Item