فعالية تطبيق وسيلة " BISA " لترقية مهارة الإستماع لدى طلاب الصف التاسع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة تاريك سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatati, Rif'atul (2021) فعالية تطبيق وسيلة " BISA " لترقية مهارة الإستماع لدى طلاب الصف التاسع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة تاريك سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rif'atul Fatati_D92217070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada banyak masalah dalam pengajaran bahasa. Peneliti menemukan masalah tersebut di MTs Negeri III Tarik Sidoarjo. Terutama di kelas sembilan "D" Banyak dari mereka yang merasa sulit mempelajari bahasa Arab, terutama dalam keterampilan menyimak, karena mereka tidak memiliki rekaman penutur bahasa tersebut. Guru menggunakan cara tradisional tanpa alat peraga baru hingga siswa merasa bosan. Dan siswa tidak suka belajar bahasa arab karena bosan. Oleh karenya, Guru harus membuat pengajaran menjadi nyaman. Maka peneliti mencari masalah tersebut dan muncullah ide untuk menggunakan aplikasi yang memfasilitasi pembelajaran bahasa arab bagi siswa dengan mudah dan menyenangkan. Berdasarkan permasalahan yang muncul sebelumnya, maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan topik “Efektivitas Penerapan Metode“ BISA ”untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada siswa kelas IX MTs Negeri 3 Tarik Sidoarjo. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun dari hasil analisis data dalam penelitian ini, terdapat penerapan metode “BISA” yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IX MTs Negeri III Tarik Sidoarjo. Adapun hasilnya adalah : T hitung 8,28 dan T tabel 1,708 dan 2,485. Karena T hitung lebih besar dari T tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatati, Rif'atul2017rifatul@gmail.comD92217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Keywords: Aplikasi BISA; Kemampuan Menyimak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rif'atul Fatati
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:58
Last Modified: 06 Jul 2021 09:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48252

Actions (login required)

View Item View Item