Islamic spiritual entrepreneurship dalam menumbuhkan kesejahteraan masyarakat pesisir: studi pada para pengusaha di Ujungpangkah dan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutono, Sutono (2020) Islamic spiritual entrepreneurship dalam menumbuhkan kesejahteraan masyarakat pesisir: studi pada para pengusaha di Ujungpangkah dan Panceng Kabupaten Gresik. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sutono_F53317017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Disertasi ini membahas tentang Islamic Spiritual Entrepreneurship dalam menumbuhkan kesejahteraan Masyarakat Pesisir (Studi pada para Pengusaha di Ujung Pangkah dan Panceng Kabupaten Gresik). Dua masalah pokok yang menjadi fokus kajian dalam disertasi ini (1) Bagaimana bentuk entrepreneurship masyarakat di Ujung Pangkah dan Panceng Kabupaten Gresik?; (2) Bagaimana perilaku para pengusaha dalam menumbuhkan kesejahteraan masyarakat pesisisir di Ujung Pangkah dan Panceng Kabupaten Gresik Perspektif Islamic Spiritual Entrepreneurship? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dari fenomena sosiokultural. Sementara untuk mengeksplorasi pemahaman yang holistik terhadap data dan teori, maka analisis yang digunakan yaitu, analisis domain, taksonomi, dan analisis komponen. Penelitian ini menyimpulkan; 1. Bentuk entrepreneurship dan para entrepreneur yang selalu mendasarkan kegiatan kewirausahaannya dengan prinsip Islamic Spiritual. Ada sembilan entrepreneur yang memiliki profil dan karakteristik Islamic Spiritual Entrepreneurship yang berbeda-beda. Perbedaannya, para pengusaha di kecamatan Ujung Pangkah memiliki spiritualitas yang tinggi dalam menjalankan usaha mereka, karena didukung dengan lingkungan keluarga yang religious dan pengalaman berwirausaha semenjak masih usia remaja. Namun berbeda dengan para pengusaha di Kecamatan Panceng mereka dengan kondisi keluarga yang kurang mampu, namun membuat mereka memiliki daya juang yang kuat dan pantang menyerah dalam membangun dan mengembangkan sebuah usaha. Seiring dengan perkembangan usahanya menjadikan mereka memiliki spiritualitas yang tinggi. 2. Perilaku yang dijalankan oleh para pengusaha dalam perspektif Islamic spiritual entrepreneurship adalah: yakin dan berani menanggung resiko, kejujuran, amanah dan menepati janji, yakin dan tawakkal, kedermawanan, berlapang dada, sabar, husnudzan, ridla kepada Allah dan bersyukur. Karakter inilah yang bisa menjadikan dasar tumbuhnya kesejahteraan masyarakat pesisir dengan terpenuhinya kebutuhan dasar (sandang, pangan, papan), kesehatan, pendidikan, dan berlaku agamis bagi pengusaha, karyawan serta masyarakat di Kecamatan Ujungpangkah dan Panceng Kabupaten Gresik. Hasil penelitian ini bersifat memperkuat konsep Islamic Spiritual Entrepreneurship yang telah ada. Konsep ini yang digunakan para entrepreneur dalam menjalanakan usaha mereka, sehingga bisa berpengaruh kepada kesejahteraan para entrepreneur, karyawan, nelayan, dan masyarakat yang berada di daerah pesisir saja, sehingga belum bisa menjangkau sampai di luar daerah pesisir di Kabupaten Gresik. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif amat diharapkan dari para pembaca untuk lebih menyempurnakan isi disertasi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutono, Sutonosutonostaialazhar@gmail.comF53317017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Islamic Spiritual Entrepreneurship; Kesejahteraan; Masyarakat Pesisir.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sutono Sutono
Date Deposited: 07 Jul 2021 13:11
Last Modified: 07 Jul 2021 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48277

Actions (login required)

View Item View Item