فعالية تعليم التعاون القوتين لترقية قدرة التكلم بالغة العربية في مدرسة الثانوية الثنائية اللغة كريان سيدوارجوا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Wasilatul (2010) فعالية تعليم التعاون القوتين لترقية قدرة التكلم بالغة العربية في مدرسة الثانوية الثنائية اللغة كريان سيدوارجوا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02206081_Wasilatul Fadilah.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48285

Abstract

Mayoritas banyak orang yang menginginkan bisa berbahasa khususnya bahasa arab, namun mereka masih kesulitan untuk merealisasikannya dan sering sekali kita mendengar bahwa untuk bisa berbahasa membutuhkan waktu lama karena terlalu sulit untuk dipelajarinya. Akhirnya siswa tidak akan berani dan mampu untuk mencoba menggunakan bahasa arab. Karena persepsi salah mereka terhadap bahasa arab. Ini semua berasal dari kurangnnya dorongan dan motivasi dari guru akan penting dan mudahnya untuk bisa berbahasa arab. Begitu juga kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga membuat siswa bosan dalam belajar. Untuk itu dalam penelitian ini adalah untuk mencari keefektifan strategi the power of two dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo. Maka dari itu, strategi ini sangat efektif untuk pembelajaran bahasa arab khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab. Dan strategi ini mengajak siswa untuk bisa berperan aktif dengan pasangannya dalam kelas sehingga membuat siswa terdorong untuk menggunakan bahasa dengan aktif dan baik. Penelitian ini mengangkat beberapa masalah yaitu: 1) bagaimana praktek strategi the power of two?. 2) bagaimana kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan strategi the power of two?. 3) bagaimana keefektifan strategi the power of two dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab? Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI madrasah aliyah bilingual krian sidoarjo tahun ajaran 2009-2010, yang terdiri dari kelas XI-IPS dan XI IPA. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas XI-IPS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre Eksperiment design dengan menggunakan desain pre test and post test design. Analisis data yang digunakan adalah uji T dan wilcoxson dan analisis non statistik digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh setelah mengadakan pengujian hipotesis adalah; ( 1 ). Strategi the power of two sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab. Hal ini diperkuat dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two secara keseluruhan mendapat nilai 3,2 dengan kriteria nilai baik. (2). Strategi the power of two sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya pada maharoh kalam. Hal ini terlihat dari hasil ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal yang mendapat nilai 94 yang termasuk tuntas karna melebihi dari nilai target yaitu 85. (3). Strategi ini sangat efekti di terapkan pada pokok bahasan bahasa arab khususnya pada maharoh kalam, sebagaimana terlihat dari hasil belajara siswa yang menjadi meningkat setelah diterapkannya strategi power of two. Sehingga implementasi strategi ini adalah cocok yaitu dapat mengaktifkan siswa dalam belajar baik secara individu maupun kelompok dan kemampuan siswa dapat menerima pelajaran dengan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Wasilatul-D02206081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi the power of two; kemampuan berbicara; bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2021 11:26
Last Modified: 05 Jul 2021 11:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48285

Actions (login required)

View Item View Item