السلوكية في شعر أبي القاسم الشابي: دراسة في الأدب النفسي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iqbal K, Muhammad Faizul (2010) السلوكية في شعر أبي القاسم الشابي: دراسة في الأدب النفسي. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A01206023_Muhammad Faizul Iqbal K.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48287

Abstract

Behaviorisme syiir Abi Qosim asy-Syabi (psikologi sastra)
Penelitian tentang syiir abi qosim asy-syabi dilakukan dengan pendekatan psikologi sastra. Fokus dalam pembahasan ini ada tiga yaitu : l.siapakah abi qosim asy-syabi? 2.apakah itu bahaviorisme? 3.bagaimana menganalisis syiir abi qosim asy• syabi dari sudut pandang behaviorisme? Berkenaan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini digunakan teori behaviorisme skineer yang menitik beratkan pada sudut pandang prilaku abi qosim yang didahului oleh situasi, karena kisah perjalanan abi qosim asy-syabi semasa hidupnya selalu diwarnai dengan kesedihan disaat ayah dan istrinya meninggal dunia. Serta kebodohan, kdzoliman dan keterbelakangan yang dialami masyarakat pada saat itu. Menurut skineer behaviorisme adalah tingkah laku manusia yang sepenuhnya ditentukan oleh stimulus saja. Temuan hasil penelitian ini bahwa: l .Abi Qosim Asy-Syabi adalah seorang penyair tunis yang lahir pada hari rabu tanggal 3 Safar 1327 Hijriyah dikota tuzar Tunisia. 2. Behaviorisme adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia yang dikondisikan oleh lingkungan disekitarnya.3. pada syair abi qosim asy-syabi yang bejudul "yaa hubbun" menceritakan tentang kesedihan, kesakitan dan kebahagiaan seorang abi qosim dalam menyayangi dan mencintai orang-orang disekitarnya, karena dalam syiir tersebut masuk dalam teori skineer yang menjelaskan tentang tingkah laku dan emosional asli/bawaan manusia (ketakutan, marah dan cinta) yang ditentukan oleh stimulus. Stimulus dalam syiir abi qosim asy-syabi yang berjudul "ya hubbun" adalah masa ketika abi qosim harus kehilangan dua orang yang dicintainya, dan reaksinya dia merasakan kesedihan dan ketakutan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iqbal K, Muhammad Faizul-A01206023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Psikologi sastra; sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2021 11:41
Last Modified: 05 Jul 2021 11:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48287

Actions (login required)

View Item View Item