Persepsi masyarakat pada pengobatan non medis di Desa Pang Kemiri Tulangan Kabupaten Sidoarjo : ditinjau dari teori struktural fungsional AGIL Talcot Parsons

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Bayu Aji (2021) Persepsi masyarakat pada pengobatan non medis di Desa Pang Kemiri Tulangan Kabupaten Sidoarjo : ditinjau dari teori struktural fungsional AGIL Talcot Parsons. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Aji Setiawan_I73217052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana presepsi masyarakat atas pengobatan alternatif non medis di era modern dan mengapa pengobatan alternatif non medis masih eksis hingga saat ini. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai persepsi dari berbagai lapisan masyarakat, dan pendapat masyarakat yang kaitanya dengan masih eksisnya pengobatan alternatif non medis diwilayah Desa Pangkemiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dan teknik pengumpulan data observatif, wawancara, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam analisis fenomena pada masyarakat Desa Pangkemiri adalah teori struktural fungsional AGIL milik Tallcot Parsons. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Persepsi masyarakat atas pengobatan non medis diera modern antara lain masyarakat memiliki persepsi bahwa perkembangan zaman memang mempengaruhi perubahan pola hidup pada manusia namun perubahan tersebut tidak sepenuhnya berpengaruh pada pengobatan alternatif non medis. (2) Pengobatan alternatif non medis masih eksis hingga saat ini diakui oleh masyarakat bahwa pengobatan alternatif non medis dianggap masih efektif untuk dijadikan tempat mendapatkan kesembuhan bagi masyarakat .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Bayu Ajibayuhaw1999@gmail.comi73217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Pengobatan Tradisional
Keywords: Persepsi; dan Pengobatan Non Medis.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: bayu aji setiawan
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:27
Last Modified: 09 Sep 2021 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48299

Actions (login required)

View Item View Item