Seni pertunjukan kentrung lakon Nabi Ibrahim di Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoiyyimah, Niswa (2021) Seni pertunjukan kentrung lakon Nabi Ibrahim di Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswa Qoiyyimah_A92217125.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul : Seni Pertunjukan Kentrung Lakon Nabi Ibrahim di Jombang ini memfokuskan pada tiga pertanyaan berikut: (1) Bagaimana sejarah seni kentrung Jombang? (2) Bagaiman lakon Nabi Ibrahim dalam seni kentrung Jombang? dan (3) Bagaimana nilai-nilai Islam dalam pertunjukan seni kentrung Jombang Lakon Nabi Ibrahim?. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya dan analisis teori hermeneutika budaya oleh Clifford Geertz, yang memandang fenomena budaya sebagai sebuah teks yang memerlukan penafsiran. Pendekatan antropologi budaya digunakan untuk melihat kesenian sebagai salah satu bentuk ekspresi nilai-nilai budaya dan perhatian masyarakat yang beruwujud simbol-simbol yang membutuhkan penafsiran, pemahaman, dan penjelasan. Pada proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan metode penelitian folklor. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data dengan kata-kata sedangkan metode penelitian folklor digunakan untuk mengolah data lisan yang terdapat dalam seni kentrung. Keduanya memiliki tiga tahap yaitu pengumpulan data, klasifikasi data, dan analisis data. Hasil dari analisis data didapatkan kesimpulan bahwa, (1) Seni kentrung masuk di Jombang melalui dalang kentrung Jiran dari Sanggrahan, Nganjuk yang mengamen di Jombang sekitar tahun 1940an dan dirintis oleh Sanawi. Seni kentrung mulai mengalami perkembangan pada tahun 1960an oleh dalang kentrung Badri. (2) Lakon Nabi Ibrahim dalam seni kentrung Jombang dipentaskan oleh dalang dan panjaknya dengan iringan musik kendang, rebana, ketipung dan cimplung. Dan teks kentrung yang terdiri dari pembukaan, lima babak, dan penutup. (3) Nilai-nilai Islam dalam pertunjukan seni kentrung Jombang berupa nilai aspek akidah baik yaitu tauhid dan akidah buruk yaitu syirik. Nilai aspek syariah berupa hukum perkawinan larangan memiliki orang yang sudah menikah dan syarat poligami. Nilai aspek akhlak yaitu ikhlas, sabar dan larangan berbohong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoiyyimah, Niswaqoyyimahniswa@gmail.comA92217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@gmail.com2006045901
Subjects: Cerita Nabi
Kesenian
Keywords: Lakon Nabi Ibrahim; Pertunjukan; Seni Kentrung Jombang.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Niswa Qoyyimah
Date Deposited: 13 Jul 2021 23:50
Last Modified: 13 Jul 2021 23:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48360

Actions (login required)

View Item View Item