Analisis hukum Islam terhadap jasa Nikah Siri di Situs Jasanikahresmi.Com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yamin, Irfanul (2021) Analisis hukum Islam terhadap jasa Nikah Siri di Situs Jasanikahresmi.Com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irfanul Yamin_C91216094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dihimpun melalui teknik Wawancara atau Interview dan Dokumentasi untuk mendapatkan jawaban dari segala permasalahan yang ada. Data yang terkumpul kemudian disusun dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai layanan nikah siri dan nikah resmi dalam situs jasanikahresmi.com yang kemudian dianalisis secara Hukum Islam Hasil penelitian mengenai layanan nikah siri dan nikah resmi dalam situs jasanikahresmi.com dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pelayanan nikah siri online akhir-akhir ini, tata cara nikahnya sama dengan yang ada di KUA, namun yang membedakan hanya pada posisi realisasinya saja. Calon pengantin yang ingin nikah siri bisa “mencari pangeran secepatnya, atau ahli agama yang sudah dia kenal dan mau nikah siri melalui platform / situs Instagram Google. Kedua, meskipun pelaksanaan nikah siri sah secara agama, namun tetap membawa kemudharatan bagi pihak yang melaksanakannya terutama bagi pihak mempelai wanita. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran yaitu perlunya kesadaran masyarakat untuk dapat memahami bahwa apapun alasannya, dampak negatif dari nikah sirri lebih banyak daripada kemaslahatnya. Selain itu, pemerintah hendaknya membuat peraturan yang jelas mengenai jasa nikah online agar tidak disalah gunakan oleh para oknum penyalur jasa nikah online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yamin, Irfanulirfanulyamin@gmail.comC9216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam
Nikah > Nikah Sirri
Keywords: Nikah siri; Situs Jasanikahresmi.com‛; Pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Irfanul Yamin
Date Deposited: 13 Jul 2021 23:47
Last Modified: 13 Jul 2021 23:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48364

Actions (login required)

View Item View Item