Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan citra madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roatusalamah, Rina (2021) Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan citra madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rina Roatusalamah_D93217113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persaingan pendidikan yang semakin ketat saat ini menjadikan lembaga pendidikan berusaha untuk selalu mempertahankan eksistensinya. Salah satu cara yang ditempuh MIN 2 Nganjuk untuk mempertahankan eksistensi madrasah adalah dengan meningkatkan citra madrasah melalui pengembangan berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang selalu memperoleh prestasi setiap tahunnya baik ditingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional. Sehingga dari prestasi yang dihasilkan tersebut dapat meningkatkan citra madrasah dan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MIN 2 Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, peningkatan citra madrasah serta pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan citra MIN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Koordinator Bidang Kesiswaan, Koordinator Bidang Humas, Koordinator Ekstrakurikuler, Pembina Ekstrakurikuler, Wali Murid dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan menyusun perencanaan program ekstrakurikuler, bentuk kegiatan ekstrakurikuler serta jadwal kegiatan ekstrakurikuler di setiap awal tahun pelajaran (2) Langkah-langkah untuk peningkatan citra madrasah adalah dengan meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga pendidik, melengkapi sarana dan prasarana madrasah, menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder, memiliki beberapa program unggulan serta pengadaan ekstakurikuler yang beragam (3) Untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka peningkatan citra madrasah dilakukan dengan melakukan pembinaan yang serius dan konsisten, mengembangkan berbagai jenis ekstrakurikuler, melakukan kolaborasi dengan lembaga luar, mengikutsertakan siswa dalam beberapa perlombaan serta melakukan promosi atau publikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roatusalamah, Rinarinaroatus@gmail.comD93217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler; Citra Madrasah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rina Roatusalamah
Date Deposited: 13 Jul 2021 23:53
Last Modified: 13 Jul 2021 23:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48370

Actions (login required)

View Item View Item