Manajemen perpustakaan sekolah dalam meningkatkan meningkatkan minat baca siswa di SMK Negeri 1 Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Elok Puji (2021) Manajemen perpustakaan sekolah dalam meningkatkan meningkatkan minat baca siswa di SMK Negeri 1 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Puji Lestari_D93217092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa di sekolah, sehingga upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa adalah dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dalam melakukan pengelolaan perpustakaan harus di dasari oleh teori manajemen agar tujuan yang ingin dicapai dapat diwujudkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dan minat baca siswa, manajemen perpustakaan, dan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMK Negeri 1 Bondowoso. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengambilan data penelitian metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Minat Baca siswa SMK Negeri Bondowoso dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat di lihat di data statistic pengunjung dan peminjam buku. (2) Manajemen yang dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. (3) Manajemen perpustakaan SMK Negeri 1 Bondowoso dalam meningkatkan minat baca siswanya merencanakan beberapa kegiatan diantanya: pengembangan atau penambahan koleksi perpustakaan, program liteasi, memberikan hadiah, promosi dan merencanakan inovasi-inovasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Elok Pujipujie2v@gmail.comD93217092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Keywords: Minat Baca Siswa; Manajemen Perpustakaan; Peningkatkan Minat Baca Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: elok puji lestari
Date Deposited: 14 Jul 2021 06:59
Last Modified: 14 Jul 2021 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48380

Actions (login required)

View Item View Item